Navigation Menu
Yayasan Reef Check Indonesia

Yayasan Reef Check Indonesia

Denpasar, Bali

  • Author: Binsar Pakpahan
  • Date Posted: Tuesday, January 19, 2016
  • Category:
  • Address: Jalan Tukad Balian Gang 43 No.1A Renon, Denpasar, Bali

Reef Check yang saat ini menjadi nama dari sebuah organisasi awalnya hanya merupakan sebuah metode pengecekan terumbu karang yang ada di Indonesia, tepatnya di Karimun Jawa tahun 1997. Tahun 2001 mulailah dibentuk sebuah Jaringan Kerja Reef Check Indonesia (JKRI) karena penggunaan metode Reef Check di Indonesia semakin meluas. Jaringan tersebut dibentuk untuk memperkuat program konservasi di Indonesia. Pertumbuhan kebutuhan untuk konservasi terumbu karang di Indonesia menyebabkan terbentuknya Yayasan Reef Check Indonesia (YRCI). Organisasi ini akhirnya terbentuk pada tahun 2005 dan memiliki kantor pusat di Denpsar, Bali. Tanggal 22 Oktober menjadi peringatan setiap tahun sebagai Reef Check Day Indonesia.

Reef Check memiliki moto “Working together for better reefs and future” dan organisasi ini bergerak di bidang pemantauan terumbu karang untuk masa depan yang lebih baik. Reef check memiliki visi untuk memberikan kontribusi kepada manajemen terumbu karang atau asosiasi ekosistem untuk kesejahteraan bersama; dengan, untuk, dan oleh rakyat semuanya mengutamakan masa depan yang lebih baik. Organisasi ini memiliki 3 pilar yang menjadi penopang untuk mendukung terlaksananya visi tersebut: Manajemen kolaboratif, Pendidikan dan kesadartahuan masyarakat, serta sains dan teknologi.

Visi dari Reef Check belum lengkap tanpa kehadiran dari misi yang Reef Check miliki yaitu:

  1. Meningkatkan kesadartahuan masyarakat mengenai ekosistem pesisir dan laut Indonesia.
  1. Meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pelestarian ekosistem persisir dan laut Indonesia serta menginisiasi dan memfasiliatasi para pemegang kepentingan untuk bersama mengelola ekosistem pesisir dan laut secara terpadu.
  1. Mendukung penyedian data-data, informasi dan teknologi yang berlandaskan sains untuk pengelolaaan pesisir dan laut secara terpadu.
  1. Berperan serta aktif dalam mendukung terbentuknya kebijakan pengelolaan ekosistem pesisir dan laut secara terpadu

Saat ini dalam kegiatan praktek lapangan di Reef Check saya terlibat di dalam salah satu program Reef Check yaitu Photovoices. Program Photovoices tersebut merupakan salah satu program yang berkaitan dengan pengembangan Kawasan Konservasi Perairan. Kegiatan ini berlangsung di wilayah Jemeluk Amed dan Tulamben sejak bulan April-Agustus. Program ini merupakan kerjasama antara Reef Check dengan Lensa Masyarakat Nusantara, Coral Reef Alliance, dan Conservative Indonesia. Program ini mengharapkan masyarakat dapat mengangkat isu-isu yang terjadi di wilayahnya sendiri melalui foto-foto. Data tersebut dapat digunakan sebagai bukti nyata kepada pemerintah ketika mereka akan menyampaikan aspirasinya. Foto-foto tersebut diambil oleh beberapa fotografer desa yang sudah dipilih dan diajarkan teknik-teknik dasar fotografi.

Saya dalam program tersebut bertugas untuk mendatangi para fotografer dan menggali informasi dari foto-foto mereka. Proses penggalian informasi tersebut ditujukan untuk mengetahui latar belakang dari foto tersebut, kisah yang sebenarnya tersirat dalam foto tersebut, dan harapan yang ingin disampaikan oleh para fotografer. Tidak hanya hal tersebut tetapi para fotografer diharapkan juga memiliki solusi dari masalah yang mereka lihat. Saya juga bisa melihat langsung kegiatan yang setiap hari dilakukan oleh masyarakat Amed dan Tulamben. Contohnya:mengikuti kegiatan pembuatan gula aren, ikut melaut dengan nelayan, dan melihat langsung kegiatan dari para porter wanita untuk mengangkat tabung dan peralatan selam lainnya, dan tentunya melihat secara langsung kemajuan dari daerah pariwisata tersebut tetapi masih banyak hal yang diabaikan.

Reef Check juga mempunyai beberapa program di wilayah lain seperti di Kabupaten Buleleng, di Pacung dan Pemuteran, Karangasem, di Amed dan Tulamben, Papua Barat yaitu di Raja Ampat, Nusa Tenggara Timur di Lamakera, dan beberapa tempat lainnya. Kegiatan Reef Check lainnya yang sempat saya ikuti selama internship adalah Coral Watch, Bukan Pasar Ikan Biasa, dan beberapa kegiatan lainnya.

rc2 rc3 rc4 rc5 rc1

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>