Navigation Menu
Yayasan Pulih

Yayasan Pulih

Jakarta Selatan, DKI Jakarta

  • Author: Binsar Pakpahan
  • Date Posted: Tuesday, January 19, 2016
  • Category:
  • Address: Jalan Teluk Peleng No. 63 A, Komplek AL, Rawa Bambu, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12520

Kekerasan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Terjadi di rumah, sekolah, lingkungan rumah, pekerjaan, dalam hubungan, misalnya ketika berpacaran, hubungan rekan kerja, dan masih banyak hal-hal lain yang sebenarnya masuk ke dalam kategori kekerasan. Tidak menutup kemungkinan bahwa kekerasan sebenarnya juga terjadi di sekitar kita.

Masih sangat banyak masyarakat yang tidak peduli dan tidak tanggap dengan permasalahan yang tanpa disadari adalah sebuah kekerasan. Tidak terhitung lagi banyaknya orang-orang yang mengalami kekerasan dan tak terhitung juga orang-orang yang belum menyadari bahwa dirinya sebenarnya sudah mengalami atau menjadi pelaku kekerasan itu sendiri.

Sasaran kekerasan pada umumnya adalah perempuan dan anak (bukan berarti tidak ada laki-laki dewasa yang menjadi korban kekerasan). Perempuan dan anak (khususnya anak perempuan), dapat dikatakan terlampau sering mendapatkan perlakuan tidak adil dari pihak yang merasa lebih tinggi dan merasa lebih berkuasa.

Yayasan Pulih adalah sebuah lembaga sosial yang bergerak dalam penanganan trauma dan psikososial serta berfokus kepada kasus kekerasan dan bencana alam yang menimpa perempuan dan anak. Pulih menyediakan layanan psikologis berupa konseling bagi korban kekerasan. Tidak hanya korban kekerasan, Pulih juga menyediakan layanan psikologis untuk tes minat bakat, dan hal-hal lain yang mendukung pendidikan.

Yayasan Pulih terletak di Jalan Teluk Peleng No. 63 A Komplek TNI AL-Rawa Bambu, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Bangunan Pulih terlihat seperti rumah. Memiliki tiga ruang konseling (satu ruangan di bawah, dua ruangan di atas), dua kamar mandi, satu perpustakaan, dan satu ruang kerja. Di belakang, tinggal Mbak Puji dan keluarga (yang sekarang sudah kembali dan tinggal di Jawa).

Layanan konseling dibuka mulai pukul 09.00-17.00 dan libur hari Sabtu-Minggu. Layanan konseling Pulih berusaha tidak memberatkan klien dengan biaya yang tetap (dapat disesuaikan dengan keadaan klien) meskipun biaya normalnya adalah Rp100.000/sesi (Sabtu dapat digunakan untuk konseling dengan jadwal khusus. Biaya konseling Rp250.000/sesi: 2 jam).

Kekerasan dalam rumah tangga dan kekerasan seksual merupakan kekerasan yang paling banyak terjadi dan ditangani di Pulih. Lebih dari 5000 kasus KDRT yang sudah terjadi dan mayoritas penyintasnya adalah perempuan usia 25-40 tahun. Kekerasan ini menjadi siklus yang akan terus berlangsung apabila tidak mendapat penanganan yang cepat. Seorang pelaku kekerasan pada umumnya merupakan lanjutan dari orang tua yang dulunya juga melakukan kekerasan. Begitu pula dengan kekerasan seksual.

Pada dasarnya setiap orang memiliki masalahnya masing-masing. Menangis, berteriak, bercerita, berdiam, merupakan beberapa contoh dari banyak cara yang dapat dilakukan ketika seseorang mendapat sebuah masalah.

Kadang memang seorang korban tak butuh solusi, melainkan seseorang yang mau mendengar semua ceritanya. Pulih menyediakan jasa psikolog yang terdiri dari psikolog pendidikan, anak, dan dewasa. Kategori umur yang diberikan batas dewasa adalah diatas 18 tahun. Psikolog-psikolog Pulih tidak selalu ada di Pulih, dan akan ada di kantor pada saat klien sudah membuat janji melalui telepon.

Beberapa klien yang kurang paham dengan prosedur, kadang datang tiba-tiba dan mencari psikolog. Pulih tidak dapat melayaninya karena keterbatasan waktu psikolog yang tidak selalu ada di Pulih. Namun, dalam keadaan darurat, biasanya Pulih akan memberikan jalan keluar lain dengan merujuk klien untuk datang ke mitra(-mitra) Pulih.

Dalam sosialisasi dengan masyarakat, Pulih juga membuat kegiatan-kegiatan, iklan masyarakat, advokasi kebijakan, artikel di media, dan buku-buku materi psikoedukasi yang membantu masyarakat yang belum mengerti menjadi mengerti dengan kekerasan secara sederhana (buku-buku yang disediakan Pulih menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami).

yp1 yp2 yp3 yp4 yp5

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>