Navigation Menu
Yayasan Pendampingan Autis (YPA)

Yayasan Pendampingan Autis (YPA)

Jakarta Utara, DKI Jakarta

  • Author: Binsar Pakpahan
  • Date Posted: Monday, January 18, 2016
  • Category:
  • Address: Jalan Boulevard Artha Gading A7C/27, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Yayasan Pendampingan Autis (YPA) adalah sebuah lembaga yang bergerak di bidang pemberdayaan orang-orang penyandang autis, khususnya anak-anak. Lembaga ini sudah berdiri selama 15 tahun sejak tahun 2000. Visi lembaga ini adalah mewujudkan anak-anak penyandang autis agar dapat melakukan berbagai kegiatan dan dapat berpikir serta bertindak secara mandiri dalam kehidupan sehari-hari di masa mendatang. Misi dari lembaga ini adalah memberikan berbagai upaya berupa terapi dalam berbagai bentuk untuk melatih dan mengembangkan kemampuan anak dalam berbagai bidang. Selain itu YPA juga mengupayakan interaksi dengan orang tua secara intens untuk membentuk kerja sama yang baik dalam proses belajar demi kemajuan anak-anak penyandang autis.

Di dalam kantor YPA terdapat struktur kepengurusan dalam yayasan. Kepengurusan tersebut terbentuk  dan memiliki hubungan dan keterkaitan yang erat serta bekerja sama satu sama lain. Struktur kepengurusan Yayasan Pendampingan Autis yaitu:

  1. Pimpinan Yayasan
  2. Manager Yayasan (Merangkap sebagai pengawas kegiatan terapi di YPA)
  3. Sekretaris
  4. Para terapis.

Untuk terapis sendiri terdiri dari beberapa bagian. Pengelompokan terapi dilakukan berdasarkan jenis terapi yang dilakukan kepada anak-anak penyandang autis. Terapi-terapi yang dijalankan di YPA yaitu:

  1. Applied Behaviour Analysis (ABA)

Applied Behaviour Analysis (ABA) adalah sebuah program terapi yang dirancang sebagai bagian dari pengajaran yang dirancang untuk mengenali berbagai hal yang berhubungan dengan kelakuan atau tindak tanduk anak ‚Äďanak penyandang autis. Melalui terapi ini orang tua dan terapis dapat mengenali penyebab munculnya perilaku yang ditunjukkan oleh anak dilingkungan sekitarnya. Setelah itu terapis bersama orang tua dapat menemukan cara untuk mengembangkan perilaku anak ke arah yang lebih baik bagi si anak penyandang autis.

Selain untuk melatih kontrol perilaku anak-anak penyandang autis. Terapi ABA juga memberikan pelatihan kemampuan dasar dalam kehidupan yang akan sangat berguna bagi kelangsungan hidup anak-anak penyandang autis. Contohnya melihat, mendengar dan menirukan atau menyamakan berbagai hal yang memiliki kemiripan identik atau pun tidak identik. Setelah itu diharapkan nantinya dengan kemampuan yang telah dimiliki anak mampu berinteraksi dan memahami dinamika lingkungan sekitarnya.

  1. Speech Therapy (Terapi Wicara).

Pada terapi ini anak dilatih untuk berbicara dengan baik dan benar. Beberapa anak penyandang autis terhambat dalam proses interaksi dan komunikasi karena kemampuan untuk berbicara yang kurang, berbicara yang dimaksud adalah pengucapan kata yang kurang baik. Berbagai teknik diajarkan kepada anak untuk menggerakkan mulutnya, hal ini nantinya berkaitan dengan pemanfaatan audio (pendengaran) anak untuk berkomunikasi.

  1. Sensory Integration (SI).

Terapi ini memiliki fungsi untuk melatih kemampuan anak dalam menggunakan safar sensoriknya. Tujuannya adalah agar anak dapat memberikan respon atas apa yang ada di dekatnya. Selain itu kemampuan motorik anak juga dilatih sebagai satu kesatuan dengan upaya melatih kemampuan saraf sensorik anak.

Di tempat ini memang semua orang memiliki tanggung jawab sangat besar, karena harus memberdayakan anak-anak yang terlahir sebagai penyandang autis. Namun di tempat ini saya belajar melalui berbagai hal yang terjadi bahwa dibalik hasil yang baik ada kerja keras dan kerja cerdas. Kerja keras karena harus senantiasa bersabar dan berbesar hati dalam mendidik anak penyandang autis dan kerja cerdas mensiasati berbagai keadaan anak yang berbeda-beda. Namun keceriaan dan rasa kekeluargaan dari semua pihak menjadi semangat melakukan yang terbaik bagi anak-anak penyandang autis.

ypa5 ypa1 ypa2 ypa3 ypa4

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>