Navigation Menu
Yayasan Kristen Trukajaya

Yayasan Kristen Trukajaya

Salatiga, Jawa Tengah

  • Author: Binsar Pakpahan
  • Date Posted: Monday, January 18, 2016
  • Category:
  • Address: Jalan Cemara II No.65, Salatiga

Yayasan Kristen Trukajaya berdiri sejak tahun 1966, tepatnya tanggal 16 Mei. Yayasan ini berada di bawah naungan Sinode GKJ. Berdirinya Trukajaya diprakarsai oleh D.S. Basuki Prabawinata. Pendirian yayasan ini merupakan jawaban atas panggilan religius ketika melihat kondisi petani dan rakyat pedesaan saat peristiwa G 30 S-PKI  dan konflik antar golongan. Kondisi ini menjadi dasar berdirinya Trukajaya.

Nama yayasan ini pada saat didirikan adalah Yayasan Kristen Transmigrasi Truka Jaya. Kata “transmigrasi” terdapat dalam nama yayasan karena awalnya Trukajaya bergerak dalam bidang transmigrasi. Trukajaya merupakan pelopor program transmigrasi di Indonesia. Kemiskinan dan kondisi masyarakat desa di Jawa yang memprihatinkan menjadi dasar ide transmigrasi. Masyarakat miskin yang tidak mempunyai lahan untuk diolah dan digunakan sebagai tempat tinggal dipindahkan ke daerah yang masih kosong dan berpotensi untuk diolah.

Langkah awal yang dilakukan adalah dengan membeli lahan hutan di Sumatera Selatan. Lahan ini dibeli agar transmigran dapat memiliki penghasilan dan tempat tinggal. Kekayaan alam yang melimpah dapat diolah untuk menghasilkan pendapatan. Setelah pembelian lahan selesai, Trukajaya mulai bergerak menyiapkan penampungan untuk transmigran. Selain penampungan, logistik juga dipersiapkan sebagai penopang hidup selama transmigran belum mendapat penghasilan.

Tidak hanya persiapan lahan dan logistik, Trukajaya juga menyiapkan calon transmigran dengan memberi pelatihan pengorganisasian hidup bersama. Pelatihan ini dilakukan agar masarakat yang akan menempati tempat baru dapat hidup berdampingan dan bersosialisasi dengan baik. Trukajaya juga memberi pelatihan tentang pengolahan sumber daya alam agar transmigran mempunyai penghasilan melalui kekayaan alam.

Kegiatan ini mendapat dukungan dari banyak pihak. Trukajaya mendapat dukungan dan pujian karena kegiatan ini memberi penghargaan baru bagi masyarakat miskin dan program transmigrasi ini merupakan yang pertama dilakukan di Indonesia. Dalam kurun waktu tahun 1978 sampai 1982 Trukajaya sudah memberangkatkan tujuh angkatan transmigrasi. Namun demikian, niat baik belum tentu mendapat tanggapan baik. Masyarakat yang mengikuti program ini banyak yang pindah keyakinan menjadi Kristen dan hal tersebut menimbulkan isu kristenisasi. Setelah melalui sekian banyak rintangan, program transmigrasi tidak boleh lagi dilakukan dan Trukajaya menghentikan kegiatan transmigrasi.

Setelah yayasan tidak boleh mengirimkan transmigran, pengurus mengubah nama, visi, dan misi lembaga. Orientasi pemerintahan orde baru yang cenderung mengembangkan ekonomi membuat Trukajaya memiliki tujuan baru. Tujuan baru ini ialah mengembangkan dan menolong rakyat yang terpinggirkan. Tujuan ini yang sampai sekarang masih menjadi dasar berjalannya Yayasan Kristen Trukajaya.

Saat ini Trukajaya berusaha mengembangkan pemikiran dan praktik diakonia dan teologi sosial antara gereja dan masyarakat. Persoalan pangan dan kemiskinan menjadi konsentrasi utama yayasan untuk mengembangkan masyarakat. Trukajaya bekerja sama dengan berberapa pihak mulai dari pemerintahan hingga swasta agar tercipta kedaulatan pangan dan perkembangan masyarakat. Program yang sudah dijalankkan adalah pertanian, peternakan, dan energi alternatif. Sampai saat ini Trukajaya masih terus berusaha mengembangkan program dan memperluas jangkauan pelayanan agar kasih Tuhan dapat dirasakan masyarakat berbagai kalangan tanpa memandang agama, gender, ras, dll.

Trukajaya memiliki beberapa divisi dan bagian yang terdapat di dalamnya yang bekerja sesuai dengan bidangnya. Dua divisi utama adalah divisi Program dan Training, serta divisi Usaha Produktif. Dalam usaha produktif terdapat bidang Warung Hijau, Micro Finance, dan Training Center PUSPAPARI. Seluruh divisi dan staf bekerja sesuai bidangnya dan terus berusaha mengembangkan kualitas pelayanan. Usaha untuk berkembang bukan hanya bertujuan mengembangkan yayasan, tetapi yang terpenting adalah mengembangkan masyarakat agar tercipta kesejahteraan bagi masyarakat yang selama ini luput dari perhatian banyak pihak termasuk kita.

20150527_102419 20150610_085047 IMG_3753 IMG_4094 IMG_4267 IMG_4527

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>