Navigation Menu
Yayasan Komunitas Sahabat Anak

Yayasan Komunitas Sahabat Anak

Jakarta Pusat, DKI Jakarta

  • Author: Binsar Pakpahan
  • Date Posted: Monday, January 18, 2016
  • Category:
  • Address: Jalan Tambak 2 RT 06/05 No. 23 Kel. Pegangsaan, Jakarta 10320

Yayasan Komunitas Sahabat Anak (Sahabat Anak / SA) dirintis oleh sekelompok volunteer yang memulai kegiatan pelayanan kepada anak-anak marginal pada tahun 1997. Pada awalnya SA bergerak dalam usaha memenuhi kebutuhan dari anak-anak binaan, tapi dalam perkembangannya SA melakukan transisi paradigma dari pemenuhan kebutuhan anak ke pemenuhan hak-hak anak. Setiap orang yang terlibat dalam program dan kegiatan SA menunjukkan komitmen yang kuat terhadap  bilai dasar yayasan, yakni, bahwa setiap anak adalah manusia, ciptaan Allah, yang berharga dan mulia.

SA menyadari bahwa anak-anak yang terlibat dan aktif berperan di SA merupakan anak-anak yang rentan menjadi korban tindak kekerasan, penelantaran dan eksploitasi. SA berkomitmen menjunjung tinggi prinsip perlindungan anak dan berusaha mendukung hak bagi setiap anak, khususnya anak jalanan. Sesuai dengan Konvensi Hak Anak Internasional (KHAI), setiap anak memilki hak untuk hidup, tumbuh dan berkembang, mendapatkan perlindungan dari bahaya, dan juga berpartisipasi. SA bekerja dengan  berpegang kepada pemenuhan keempat dsar anak tersebut.

Seblum berbentuk yayasan, Sahabat Anak adalah sebuah komunitas saja, namun akibat perkembangan yang terus maju dan para pengurus merasakan perlunya sebuah payung hokum dalam melaksanakan setip kegiatan maka pada tahun 2010 mereka berubah menjadi sebuah yayasan. Sahabat Anak berbadan hukum yayasan sesuai dengan Akte Notaris 08 tanggal 4 Juni 2010 yang dikeluarkan oleh Notaris Arfiana Purbohadi, SH. Teregistrasi di Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan nomor: AHU-1743.AH.01.04 tahun 2011 dan terdaftar di Dinas Sosial DKI Jakarta.

Hingga saat ini, Sahabat Anak mempunyai beberapa tempat sebagai usaha mengembangakan pelayanannya. Sebagai pusatnya, di Jalan Tambak memilki satu gedung sebagai tempat adik-adik meuntut ilmu. Selain itu, ada pula Sahabat Anak  di lokasi lain, seperti di SA Kota Tua, SA Grogol, SA Bogor, SA Cijantung, SA Tanah Abang. Dengan banyaknya lokasi yang tersebar di sejumlah daerah Jabodetabek, SA beraharap dapat memaksimalkan pelayanan anak yang mereka lakukan.

Visi dan Misi Sahabat Anak

Visi Sahabat Anak:

Menyadarkan anak jalanan bahwa mereka sebagai manusia ciptaan Allah yang berharga dan mulia.

Misi Sahabat Anak:

Melibatkan sebanyak mungkin pribadi/pihak  untuk peduli kepada anak jalanan dengan menjadi seorang sahabat yang menaruh kasih setiap waktu.

Prinsip Pelayanan Sahabat Anak

  1. Yayasan Komunitas SA mengakui bahwa setiap manusia adalah makhluk mulia dan berharga yang diciptakan oleh Allah, serta memiliki posisi yang sama di hadapan Allah.
  2. Yayasan Komunitas SA terbuka untuk siapa saja yang mengakui prinsip di atas.
  3. Yayasan Komunitas Sahabat Anak adalah pelayanan social.

Spiritualitas Pelayanan

Pelayanan yang memilki sikap rendah hati, komitmen tinggi, konsisten dan setia mengangkat harkat (harga diri dan bakat) kaum marginal, khususnya anak jalanan, dan mengakui bahwa manusia adalah satu-satunya ciptaan Allah yang paling berharga dan mulia.

Deklarasi Sahabat Anak

Gerakan Sahabat Anak mengakui bahwa setiap anak mulia dan berharga, yang memilki kesetaraan dengan semua manusia.

Gerakan Sahabat Anak menghargai, menghormati, dan memperjuangkan terwujudnya gak-hak asasidasar anak untuk bertahan hidup, bertumbuh kembang, memperoleh perlindungan, dan berpartisipasi.

Sebagai Sahabat, kami akan memberikan tenaga, pikiran, dan waktu agar setiap anak dapat terpenuhi hak-hak dasarnya tanpa memandang perbedaan suku, agam, warba, kulit, dan kelas sosial.

20150604_164450 20150609_122629 20150609_133717 20150708_180532 C360_2015-05-27-13-58-50-672 C360_2015-07-10-17-34-30-036

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>