Navigation Menu
Yayasan Internasional Animal Rescue Indonesia

Yayasan Internasional Animal Rescue Indonesia

Bogor, Jawa Barat

  • Author: Binsar Pakpahan
  • Date Posted: Tuesday, November 10, 2015
  • Category:
  • Address: Jalan Curug Nangka, Kampung Sinarwangi RT 02/05, Desa Sekajadi, Kecamatan Taman Sari, Bogor, Jawa Barat

YIARI ini berlokasi di Curug Nangka-  Bogor, yayasan ini berdiri sejak tahun 2007 sampai dengan sekarang. Yayasan ini merupakan kantor cabang dari YIAR YUK, terdapat dua kantor yang pertama di Ketapang- Kalimantan yang khusus untuk menyelamatkan  orang utan dan kedua di Curug Nangka. Yayasan ini didanai oleh kantor pusat dan beberapa lembaga asing yang membantu untuk menopang YIARI. Yayasan ini bukan milik pemerintah melainkan milik asing, meskipun demikian YIARI berada dibawah kementerian kehutanan. Sehingga berkerjasama dengan BKSDA atau PPS. Fokus utama yayasan ini menyelamatkan satwa terkhususnya adalah primata, primata yang diselamatkan seperti orang utan, macaca, beruk dan kukang.

Organisasi YIARI terdiri dari divisi SLC, SRM, Animal management, edukasi sosial, keamaan dan lapangan. Staff yang berkerja dikantor adalah orang-orang berpendidikan tinggi, karena untuk mengatur organisas dan berurusan dengan pihak-pihak tertentu. Sedangkan staff yang berkerja sebagai kipper, memonitoring kukang dan keamanan adalah masyarakat yang tinggal di sekitar kantor YIARI. Yayasan ini membantu memperbaiki perekonomian untuk masyarakat sekitar. Selain itu bahan makan pun diambil dari masyarakat sekitar.

Program yang dibuat oleh YIARI lebih banyak kepada anak-anak sekolah, universitas dan mereka akan memulai mensosialisasikan mengenai penyelamatan primata kepada masyarkat luas. Seminar mengenai kukang dan macaca sering dilakukan dalam menyuarakan penyelamatan primata. Melalui sosial media mereka mekampanyekan agar tidak terjadi jual beli. YIARI juga membuat petisi online mengenai penghentian perdagangan kukang, dari data yang didapat masyarakat asing yang sangat antusias untuk menandatangani petisi dibandingkan dengan masyarkat Indonesia sendiri. YIARI juga mendata melalui online masyarakat yang telah bergabung dengan sebuah komunitas pencinta binatang yang berada di Indonesia. Cara ini dilakukan untuk mengetahui sudah berapa masyarakat yang memelihara binatang yang termasuk katagori langka dan dilindungi.

YIARI sangat menyuarakan agar masyarakat luas tidak memelihara ataupun menangkap primata. Karena semakin banyak permintaan dari pasar maka perburuan di alam akan semakin banyak pula. Ini yang akan dihentikan oleh YIARI agar tidak terjadi perburuan oleh pemburu. Yayasan ini bermaksud untuk mengembalikan sisi liar dari satwa itu sendiri. Karena kebanyakan macaca, beruk dan kukang sudah tidak memiliki sisi liar sehingga YIARI berusaha untuk mengembalikkan mereka kembali kea lam.  Selain itu, YIARI merima macca atau kukang yang berasal dari penyitaan BKSDA atau pemilik yang langsung memberikannya kepada YIARI untuk di kembalikan ke alam. Sebelum macaca atau kukang di masukkan ke kandang dengan yang lain mereka harus menjalani karantina dan pemeriksaan kesehatan ataupun pemeriksaan gigi. Macaca, beruk dan kukang yang secara fisik dan kesehatannya baik akan di lepas liarkan di habitat asli mereka seperti di lampung, Kalimantan, jawa dan ujung kulon. YIARI akan terus berusaha untuk menyelamatkan satwa dan melepasliarkan pada habitat aslinya.

Clipboard13Clipboard02 Clipboard03 Clipboard04 Clipboard05

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>