Navigation Menu
Yayasan Inter Medika

Yayasan Inter Medika

Jakarta Pusat, DKI Jakarta

  • Author: Binsar Pakpahan
  • Date Posted: Sunday, November 29, 2015
  • Category:
  • Address: Ruko Plaza Harmoni Blok A No. 26

Yayasan Inter Medika adalah lembaga yang saat ini bergerak di bidang penanggulangan HIV/AIDS. Orang-orang yang mengalami HIV/AIDS akan menadapatkan advokasi dan konseling dari para anggota Yayasan Inter Medika. Orang-orang yang akan melakukan pemeriksaan mengenai statusnya HIV atau tidak biasanya akan diberikan advokasi mengenai HIV.

Dalam menjalankan programnya di bidang HIV/AIDS, Yayasan Inter Medika biasanya bekerja sama dengan pemerintah seperti Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) untuk mendapatkan kondom gratis. Yayasan Inter Medika sendiri tidak menjual kondom tersebut. Kondom itu kembali dibagikan secara gartis oleh Yayasan Inter Medika demi keamanan para pekerja seks laki-laki yang berhubungan dengan laki-laki.

Salah satu fokus Yayasan Inter Medika saat ini adalah memberikan pemahaman kepada laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki agar menggunakan kondom. Pemahaman ini diberikan agar mereka bisa terus menggunakan kondom dalam berhubungan seksual. Kemudian, menjangkau orang-orang yang berkemungkinan besar mengalami HIV juga menjadi tugas besar yang diemban oleh para anggota Yayasan Inter Medika. Mengapa hal ini dikatakan tugas besar Yayasan Inter Medika, karena orang-orang yang mereka ajak gengsi untuk melakukan pemeriksaan, apalagi mengenai HIV.

Kemudian, orang-orang yang mengalami HIV terus disemangati. Mereka didorong untuk mau meminum obat mereka. Obat yang diminum seumur hidupnya. Ini juga yang menjadi salah satu kesulitan karena harus mengajak mereka untuk semangat ketika meminum obat seumur hidupnya. Ada beberapa orang yang memang putus obat sehingga harus mengganti obatnya ke yang lebih tinggi kelasnya, seperti lini 2.

Pada bidang advokasi, Yayasan Inter Medika juga bekerja sama dengan pemerintah dan beberapa orang dari USAID. Hal ini dilakukan agar ketika para anggota Yayasan Inter Medika berhadapan dengan para polisi atau orang-orang yang mempunyai peraturan keras sehingga tidak bisa mendengar lembaga, maka pemerintah atau USAID pun diminta kerja sama untuk memberikan advokasi kepada para polisi yang mendiskriminasi dan sebagainya.

Pada titik lain, Yayasan Inter Medika sendiri memiliki anggota yang amat ramah. Keterbukaan juga menjadi salah satu hal yang patut dibanggakan oleh Yayasan Inter Medika. Tentunya keterbukaan terhadap kehadiran orang lain. Keterbukaan inilah yang membuat Yayasan Inter Medika sendiri tidak terjebak pada kekakuan pada orang lain. Mereka menuangkan keterbukaan ini di dalam kebersamaan yang sedang kami jalani. Keterbukaan dan hospitalitas dari para anggota Yayasan Inter Medika kiranya perlu dialami sendiri agar tidak memandang mereka dengan mata penuh kebencian.

Pada kenyataannya, coming out memang perlu dilakukan oleh orang-orang yang termarjinalkan atau yang tidak diakui keberadaannya oleh yang mayoritas. Para anggota Yayasan Inter Medika pun membuktikan hal itu. Hal ini ditunjukkan melalui keterbukaan mereka. Bahkan, kebanyakan dari mereka malah lebih nyaman untuk menjalani kehidupannya dengan terbuka. Tentunya terbuka dalam hal ini adalah dengan tidak menyembunyikan identitas mereka.

Mereka lebih nyaman untuk menjadi diri sendiri. Walaupun ketika melakukan hal itu, mereka harus mengorbankan segala sesuatunya, seperti diusir dan sebagainya.

Tindak diskriminasi memang masih amat tinggi terhadap kaum homoseksual. Namun, tindak diskriminasi seperti beriringan dengan kehendak untuk menyembunyikan identitas mereka. Oleh sebab itu, Yayasan Inter Medika juga bergerak untuk mengajak orang-orang untuk tidak malu mengakui orientasi dan identitas seksual mereka. Hal ini tentunya bergerak pada program jangka panjang mereka.erma1 erma2
tony1 tony3
tony5

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>