Navigation Menu
Migrant CARE

Migrant CARE

Jakarta Timur, Indonesia

  • Author: admin
  • Date Posted: Friday, February 21, 2014
  • Category:
  • Address: Jalan Perhubungan VIII No. 52 RT 001 RW 007, Kelurahan Jati, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur

Migrant CARE adalah organisasi non-govermental (NGO) yang fokus mengupayakan kesejahteraan buruh migran dan keluarganya. Beberapa upaya dilakukan demi mencapai tujuan tersebut, antara lain sebagaimana yang menjadi motto dari Migrant CARE: counseling, advocacy, research, education. Counseling berarti Migrant CARE memberikan penyuluhan/sosialisasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan buruh migran kepada masyarakat. Advocacy berarti Migrant CARE terbuka dalam menerima pengaduan serta memberi bantuan hukum bagi buruh migran dan keluarganya. Research berarti Migrant CARE turut serta dalam meneliti masyarakat dan menyajikan data aktual terkait buruh migran. Education berarti Migrant CARE turut berperan serta menunjang pendidikan serta pelatihan yang layak sebagai bekal baik pengetahuan maupun keterampilan untuk bekerja di luar negeri kepada buruh migran.

Pengupayaan kesejahteraan buruh migran merupakan suatu hal yang penting karena mereka juga bagian dari masyarakat yang seharusnya dijamin kehidupannya oleh negara. Namun, sampai saat ini banyak dari mereka yang tidak mendapatkan hak-haknya sebagai seorang pekerja. Banyak buruh migran yang gajinya tidak dibayar, tidak bisa pulang, diancam, disiksa, bahkan dibunuh, dan lainnya. Migrant CARE hadir untuk menyuarakan keberadaan buruh migran kepada seluruh lapisan masyarakat serta berjuang mengupayakan kesejahteraan bagi mereka dan keluarganya.

Dalam pekerjaannya, Migrant CARE memiliki 4 divisi.

  • Divisi Program Advokasi Berbasis Teknologi. Divisi ini dalam pekerjaannya lebih sering berada di bandara, memantau bagaimana arus migrasi dan melayani para buruh migran yang hendak berangkat atau yang hendak pulang ke Indonesia.
  • Divisi Advokasi Kebijakan. Divisi ini bergerak aktif dalam mengadvokasi buruh migran lewat pembuatan Undang-undang dan peraturan-peraturan terkait. Divisi ini terus memantau bagaimana perkembangan dari pembuatan serta turut memberikan masukan demi tercipta peraturan yang merangkul kaum buruh migran.
  • Divisi Pengembangan Informasi dan Pengetahuan Migrasi. Divisi ini fokus pada penyerapan informasi mengenai buruh migran lewat pemberitaan media atau juga penelitian. Divisi ini bertanggung jawab dalam menyediakan data yang valid mengenai buruh migran.
  • Divisi Advokasi Bantuan Hukum. Divisi ini bergerak dalam memberikan layanan bantuan hukum bagi buruh migran dan keluarganya. Tugas dari divisi ini antara lain: menerima pengaduan kasus buruh migran dari keluarga/kerabat/buruh migran itu sendiri; membuat laporan kasus serta surat kuasa yang ditandatangani oleh pihak buruh migran; melaporkan kasus tersebut ke lembaga pemerintahan (Kemenlu, BNP2TKI, Depnaker, dll); memantau proses penyelesaian kasus tersebut dengan meminta perkembangan kasus ke lembaga-lembaga pemerintahan terkait.

Solidaritas antarstaf Migrant CARE sangat baik. Dengan bangunan rumah yang dijadikan Kantor Migrant CARE serta prinsip kekeluargaan turut menciptakan suasana bekerja yang efektif dan nyaman. Dengan prinsip kekeluargaan tersebut Migrant CARE melayani dan memperjuangkan hak-hak kaum buruh migran.

Migrant CARE mampu memberikan gambaran faktual terkait buruh migran di lapangan kepada masyarakat. Apa yang terjadi dengan buruh migran di luar negeri; bagaimana lingkungan dan keluarga buruh migran; di mana titik permasalahan dari kasus-kasus buruh migran; bagaimana seharusnya kaum buruh migran diperlakukan; itu semua adalah beberapa hal yang dapat dijawab oleh Migrant CARE. Oleh karena itulah Migrant CARE juga menjadi mitra pemerintah dalam membuat kebijakan-kebijakan yang merangkul salah satu kaum yang termarjinalkan ini.

Lembaga ini sangat dianjurkan untuk menjadi tempat Praktik Lapangan STT Jakarta.

migrant care1 migrant care2 migrant care3 migrant care4

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>