Navigation Menu
Talita Kum

Talita Kum

Surakarta, Jawa Tengah

  • Author: Binsar Pakpahan
  • Date Posted: Tuesday, November 10, 2015
  • Category:
  • Address: Jalan Duku No. 16B, Kampung Dukuan, Kerten, Surakarta, Jawa Tengah

Talita Kum adalah sebuah Organisasi LBT yang memfasilitasi komunitas-komunitas LBT yang ada di Solo. Bertempat di jalan Duku No. 16b, Leweyan, Kerten, Surakarta. Lembaga ini lahir karena kebutuhan dari masyarakat Solo yang memiliki orientasi seksual non meanstream lebih khususnya ialah lesbian, biseksual, dan trangender yang dikelompokan dari female to male yaitu priawan dan transman.

Lembaga ini diresmikan pada tanggal 8 Maret 2009. Saat itu kak Joe yang menjadi direktur utama Talita Kum yang pertama. Kini kak Reny Kistiyantilah yang menjadi direktur utama Talita Kum sejak tahun 2012. Organisasi ini tidak memiliki keanggotaan yang tetap. Mereka menetapkan sistem “yang ingin ikut bergabung, langsung bergabung saja”, jadi tidak ada anggota resmi dan tetap. Secara keseluruhan, organisasi ini memiliki komunitas dampingan yang cukup banyak, mencangkup selurh kota Solo. Meski ada juga lesbian yang tidak bergabung dengan komunitas.

Organisasi ini berkecimpung dalam pemenuhan dan perjuangan hak-hak LBT. Karena saat ini LBT sendiri menjadi kelompok yang termarjinalkan. Mereka sering mendapatkan perlakuan yang tidak baik dari masyarakat. Bahkan kerap kali mereka mendapat kekerasan yang dilakukan oleh masyarakat, lingkungan mereka bekerja, lingkungan sekolah, bahkan keluarga mereka sendiri juga menjadi pelaku kekerasan. Priawan dan transmanlah yang sering mendapatkan perlakuan seperti itu karena ekspresi mereka yang paling terlihat berbeda dari norma yang berlaku di masyarakat. Kekerasan ini menjadi indikator belum terpenuhinya hak asasi manusia untuk para LBT. Maka, perjuangan hak asasi manusia untuk para LBT menjadi fokus utama organisasi ini agar kekerasan tidak lagi terjadi.

Untuk memperjuangkan hak-hak LBT, Talita Kum menjalin kerja sama. Saat ini, Talita Kum sudah bekerja sama dengan berbagai organisasi untuk mendukung pemenuhan hak-hak untuk LBT. Baik organisasi LGBT atau organisasi di luar LGBT. Talita Kum menjalin kerja sama dengan organisasi LGBT lain seperti Gaya Mahardhika, Gessang, PLUSH, dan lain-lain. Selain organisasi LGBT, Talita Kum juga menjalin kerja sama dengan lembaga non LGBT namun mendukung kesetaraan status, gender, dan hak asasi manusia seperti SPEK-HAM, YIFoS, Jejer Wadon, dan masih banyak lagi yang lain. Talita Kum juga didukung oleh Ardhanary Institute dan HIVOS dalam pendanaan. Institusi ini menjadi sponsor mereka dalam berbagai acara meski kerja sama di antara keduanya dengan Talita Kum masing-masing berbeda.

Talita Kum memang bukan satu-satunya organisasi LBT di Jawa Tengah, namun organisasi ini adalah organisasi yang paling aktif dari organisasi LBT lainnya. Meski saat mahasiswa PL tahun 2015 datang ke sana, kami hanya mengikuti beberapa kegiatan saja, namun kegiatan yang dilakukan Talita Kum begitu banyak. Banyak kegiatan dan diskusi seminar yang difasilitasi oleh Talita Kum mengenai SOGIEB, isu seksualitas, dan masih banyak lagi. Talita Kum juga sering melakukan acara kebersamaan dengan komunitas dampingannya. Futsal, renang, jalan-jalan bareng, dan bermain musik bersama menjadi contohnya. Kegiatan futsal selalu rutin dilakukan selama dua minggu sekali. Banyak sekali LBT yang terlibat di dalamnya. Sesekali juga Talita Kum merencanakan liburan bersama dengan anggota-anggotanya sebagai kegiatan kebersamaan dan refresing. Selain itu Talita Kum sering mengadakan kegiatan nonton bersama dan berdiskusi setelahnya.  Talita Kum juga aktif mengikuti kegiatan dari organisasi lain, baik organisasi LGBT atau organisasi lainnya yang masih membahas isu gender, seksualita, dan LGBTIQ. Jadi, banyak pengetahuan dan pengalaman yang kami dapat di Talita Kum.

t.k3 IMG-20150718-WA0000 IMG_20150627_205158 IMG-20150614-WA0001 IMG_20150610_152403

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>