Navigation Menu
Pesantren Assalam Bogor

Pesantren Assalam Bogor

Bogor, Jawa Barat

  • Author: Binsar Pakpahan
  • Date Posted: Monday, January 18, 2016
  • Category:
  • Address: Desa Pasir Angin, Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Lembaga ini adalah sebuah Pondok Pesantren yang berada di bawah naungan Yayasan Puspita. Pesantren Assalam atau lebih dikenal sebagai Pesantren Inggris berdiri di atas tanah seluas dua hektar yang terletak di Desa Pasir Angin, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dalam bahasa Sunda “pasir” berarti berbukit-bukit, sesuai dengan namanya pesantren ini juga berada di atas tanah yang memiliki kontur tanah berbukit. Susana di tempat ini sangat sejuk karena Pesantren Assalam terletak didaerah pegunungan jauh dari segala keramaian kota.

Ali Qohar dan keluarga adalah pengelola di tempat ini, sudah sekitar dua tahun lamanya pesantren telah berdiri dan berkiprah di dalam dunia pendidikan terkhusus bagi kalangan keluarga kurang mampu. Berawal dari sebuah mimpi dan cita-cita beliau mengawali niat baiknya, atas kerja keras dan bantuan dari segala pihak serta kolega akhirnya semenjak dua tahun yang lalu pesantren ini berdiri diatas tanah dari seseorang yang mewakafkan tanahnya kepada Yayasan Puspita.

Pembagunan pesantren sedang dilakukan hingga detik ini demi meningkatkan mutu serta kualitas pesantren. Saat ini pesantren sudah memiliki dua buah bangunan guna menunjang aktifitas belajar mengajar dan empat buah tempat tinggal untuk para penghuni pesantren, pembangunan tersebut dilakukan secara bertahap. Namun yang disayangkan sampai detik ini tenaga pengajar sangat minim sehingga mereka sangat memerlukan relawan akibatnya kegiatan belajar mengajar tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Karena Pesantren Assalam bukanlah suatu lembaga pendidikan yang bersifat formal.

Hingga saat ini sudah banyak santri laki-laki maupun perempuan yang memilih untuk melanjutkan pendidikan mereka di sini, datang dari berbagai daerah baik Bogor, Jakarta, Bandung, Cirebon dan masih banyak lagi. Dari segala latar belakang dan kini telah dipersatukan dalam satu wadah yang sama. Pesantren Assalam memang lebih menekankan pelayanan dibidang sosial, terlihat jelas bagaimana cara mereka menerima para santri. Pengelola menerima dengan tangan terbuka jika ada orang yang membutuhkan bantuan.

Bagi para santri Pesanten Assalam sudah menjadi keluarga kedua dalam kehidupan mereka, karena segala aktifitas mereka lakukan di tempat ini. Pesantren juga menawarkan berbagai macam pengetahuan yang belum tentu mereka dapatkan di sekolah formal pada umumnya. Walupun masih banyak kekurangan yang lembaga alami namun banyak santri berprestasi hasil didikan pesantren ini, tidak sedikit dari mereka yang sudah menjadi guru untuk sekolah-sekolah yang memerlukan tenaga pengajar.

Pesantren ini menerima siapapun yang ingin datang dan bermukim, mereka tidak memandang suku bahkan memandang agama sekalipun. Hal ini lah yang membuat semua orang nyaman berada di sana, pesantren ini sangat terbuka akan segala keberagaman yang ada. Semua santri wajib berbahasa Inggris di dalam kehidupan sehari-hari oleh karena itu masyaraka sekitar lebih akrab menyebut lembaga ini dengan sebutan pesantren Inggris. Hal itulah yang menjadi daya tarik bagi pesantren sehingga banyak orang yang datang untuk belajar Bahasa Inggris. Hingga pada akhirnya banyak kolega asing yang mau membantu Pesantren Assalam dalam pelayanannya dengan demikian niat baik pengelola dapat berjalan sebagaimana mestinya berkat doa dan bantuan dari segala pihak.

assalam1 assalam2 assalam3 assalam4 assalam5

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>