Navigation Menu
People Like Us Satu Hati

People Like Us Satu Hati

  • Author: Binsar Pakpahan
  • Date Posted: Monday, January 11, 2016
  • Category:
  • Address: Sidomulyo TR IV/ 333, Yogyakarta, Indonesia-55243

Komunitas People Like Us Satu Hati (PLUSH) dibentuk di Yogyakarta pada tanggal 10 Desember 2006. PLUSH resmi mendapatkan akta notaris sebagai organisasi berbasis komunitas pada bulan Maret 2008. Fokus kerja PLUSH adalah advokasi dan hak asasi manusia (HAM), selain itu PlUSH merupakan wadah bagi komunitas LGBT yang ada di Yogyakarta untuk berkumpul dan berbagi. Dari sinilah permasalahan mendasar yang dialami komunitas, serta ide-ide kreatif muncul agar komunitas LGBT dapat memperjuangkan hak-haknya.

Alasan utama fokus kerja PLUSH dalam bidang advokasi dan HAM karena masyarakat masih mempunyai pandangan yang sangat negatif terhadap keberadaan komunitas LGBT dan negara belum mengakui keberadaan komunitas LGBT.  Hal tersebut menyebabkan diskriminasi serta pelanggaran HAM masih dirasakan komunitas LGBT di Indonesia, bahkan muncul upaya dari kelompok tertentu untuk mendiskriminasi komunitas LGBT melalui RUU dan peraturan tertentu. Oleh karena itu, perlu adanya usaha untuk mendidik masyarakat agar menyadari keberagaman dan mengedepankan isu-isu sosial di Indonesia, termasuk LGBT yang merupakan bagian dari keberagaman sosial.

Visi PLUSH, terwujudnya tatanan masyarakat yang bersendikan nila-nilai kesetaraan. Misi PLUSH, pertama: menumbuhkan kesadaran kritis untuk membangun kesepakatan tentang nilai-nilai kesetaraan malalui advokasi, kedua: mengembangkan pendidikan, pelatihan, dan penelitian berbasis gender dan seksualitas, ketiga: mengembangkan layanan dasar dan pendampingan untuk korban situasi konflik, krisis, dan bencana berbasis HAM.

Struktur kepengurusan PLUSH mencakup badan pengawas dan badan pengurus. Badan pengawas beranggotakan lima orang, tugasnya mengawasi kerja badan pengurus dan memberikan masukan. Badan pengawas juga mewakili suara komunitas dalam memberi masukan terhadap progam yang dijalankan di PLUSH. Badan pengurus mencakup ketua, sekretaris, bendahara, kasir, koordinator divisi penelitian dan pengembangan, koordinator divisi media dan kampanye, koordinator divisi penguatan basis, koordinator divisi konseling. Tugas mereka membuat dan melaksanakan program PLUSH. Masa kepungurusan badan pengawas maupun bapan pengurus tiga tahun.

Program kerja kepengurusan PLUSH 2014-2017 :

  1. Pertemuan Rutin Komunitas dilakukan minimal satu bulan satu kali, contohnya pemutaran film, arisan cantik, bedah buku, dll. Program bertujuan menciptakan ruang aman serta nyaman bagi komunitas LGBT untuk berbagi dan bagi PLUSH untuk mengetahui kebutuhan komunitas dalam melaksanakan programnya.
  2. Pelatihan SOGIE dan HAM dilakukan secara rutin, mengingat pemahaman masyarakat dan komunitas akan SOGIE serta HAM adalah kunci agar hak-hak LGBT dapat terpenuhi. PLUSH juga memberi pelatihan khusus bagi komunitas LGBT untuk menjadi fasilitator bagi pendidikan SOGIE dan HAM.
  3. Peningkatan kapasistas bermanfaat bagi kehidupan dan pengembangan organisasi. Mengikuti pelatihan yang diadakan pihak lain atau oleh PLUSH sendiri.
  4. Advokasi kebijaksanaan dilaksanakan melalui kerja sama dengan organisasi lain untuk mengadvokasi kebijakan yang diskriminatif pada LGBT. Namun PLUSH juga terlibat dalam advokasi kebijakan lain yang diskriminatif.
  5. Konseling untuk memberi dukungan moral dan pengetahuan pada komunitas dalam menghadapi masalah sehari-hari.
  6. Kampanye digital sebagai sarana kampanye rutin dan edukasi publik.
  7. Kampanye publik seperti mencetak KIE, berjejaring aliansi jurnalis independen, dan mengadakan event-event publik baik di kampus, sekolah, dll.
  8. Pendampingan bagi peneliti dengan harapan dapat dihasilkan produk akademik yang tidak bias dan menjadi amunisi advokasi bagi gerakan LGBT di Indonesia.

Kegiatan rutin dengan dosen, guru, pemimpin agama, mahasiswa, pemerintah, dan warga kampung tempat PLUSH berada untuk menjalin hubungan baik dan memberikan edukasi.

plush1 plush5 plush4 plush3 plush2

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>