Navigation Menu
PCS Jemaat Pekan Menggatal

PCS Jemaat Pekan Menggatal

Sabah, Malaysia

  • Author: Binsar Pakpahan
  • Date Posted: Tuesday, November 10, 2015
  • Category:
  • Address: Lot 24, 1st & 2nd Floor, Pekan Menggatal, 88450, Kota Kinabalu, Sabah

Protestant Church in Sabah (PCS) Jemaat Pekan Menggatal adalah sebuah Gereja Kristen Protestan beraras Lutheran di Sabah yang terbentuk melalui semangat persekutuan beberapa orang Kristen awam bersuku bangsa Rungus di Kampung Mansiang (salah satu Kampung di Pekan Menggatal, Kota Kinabalu). Alkisah, beberapa Bapak dan Ibu yang sudah terdaftar sebagai anggota Gereja PCS Parokhi Kota Kinabalu membuat persekutuan di dalam perumahan di Kampung Mansiang secara bergilir-ganti sejak tahun 2002. Perlahan persekutuan tersebut semakin bertambah jumlah pengikutnya, sehingga terkumpulah cita-cita mereka untuk melembaga menjadi sebuah Gereja. Dengan usaha yang cukup bersemangat, akhirnya, persekutuan ini dilembagakan menjadi Gereja oleh Sinode PCS di tahun 2006 setelah sepakat mengembangkan persekutuan rumah ke rumah ke sebuah Lot bangunan di Pekan Menggatal, Kota Kinabalu. Mereka memilih sebuah Lot bangunan, karena untuk membangun sebuah Gedung Gereja di Kota Kinabalu bukan perkara yang mudah dan murah melainkan harus melalui proses yang panjang di bawah pengawasan pemerintah Negeri Sabah. Dengan kesepakatan menyewa Lot bangunan di Pekan Menggatal tersebut, Gereja ini kemudian termasuk ke dalam kumpulan PCS di Parokhi Kota Kinabalu.

Sebagai sebuah Gereja, PCS Pekan Menggatal tidak dapat terlepas dari sistem organisasi agar pelayanan dan persekutuan Gereja menjadi lebih terstruktur dan sistematis, serta yang lebih penting menurunalihkan ketentuan Sinode Pusat PCS. Secara organisatoris Gereja ini diatur oleh Ketua Majlis, Timbalan Ketua Majlis, Setiausaha (Sekretaris), Timbalan Setiausaha, Bendahari. Masing-masing unit mengupayakan terciptanya aktivitas pelayanan dan persekutuan Gereja yang membangun hubungan dengan sesama dan dengan Kristus, pemimpin Gereja. Alhasil, aktivitas pelayanan dan persekutuan Gereja terjelma di dalam Ibadah raya Ahad 1 dan 2, Ibadah Sekolah Minggu 1 dan 2, Persekutuan Doa Jumat malam, Latihan Ibadah Sabtu malam, Persekutuan Kaum Ibu-Bapak, dan Persekutuan Belia (muda-mudi).  Di masa CP 2 ini, aktivitas pelayanan dan persekutuan Gereja pun turut saya alami dan rasakan. Setiap aktivitas yang saya ikuti penuh rasa dan terkadang mengejutkan, karena ada beberapa model yang berbeda dari Gereja beraras Lutheran di Indonesia yang pernah saya kunjungi. Akan tetapi, Gereja yang baru berusia 10 tahun ini terus berupaya mengembangkan pelayanan dan persekutuannya agar dapat menjadi Gereja Kristus yang bermanfaat di Kota Kinabalu.

Clipboard29 Clipboard28 Clipboard27 Clipboard26 Clipboard25

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>