Navigation Menu
LAYAK (Layanan Anak dan Keluarga)

LAYAK (Layanan Anak dan Keluarga)

Depok, Jawa Barat

  • Author: Binsar Pakpahan
  • Date Posted: Monday, January 18, 2016
  • Category:
  • Address: Jalan Kartini Raya / Citayam III (Gg. Texas) No. 4 Rt. 003/02 Pancoran Mas Depok 16431.

Layak adalah sebuah lambaga yang menangani isu-isu dalam masyarakat. Permasalahan mengenai Hiv dan Aids menjadi permasalahan yang sedang menjadi topik hangat dalam lembaga ini. Pada awalnya lembaga ini berdiri dari keperihatinan beberapa mahasiswa yang berfokus kepada isu-isu sosial. Mereka membentuk lembaga ini untuk menanggapi permasalahan-permasalahan yang ada dalam masyarakat, awalnya mereka perihatin melihat keadaan masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan dan penyakit sosial yang semakin berkembang pesat. Berjalanya waktu lembaga ini bekerja sama dengan PKBI untuk menjangkau isu-isu mengenai Hiv dan Aids.

Lembaga ini terbagi dalam beberapa divisi yang memiliki tugas yang berbeda-beda pula. Divisi-divisi tersebut adalah PO,PS dan CO. Setiap divisi memiliki pekerjaan yang berbeda-beda, tetapi mereka memiliki tugas yang saling berkaitan dalam lapangan pekerjaan. Berikut penjelasan tugas dari setiap devisi ini :

PO ( petugas outreach)

PO memiliki tugas untuk menjangkau teman-teman yang beresiko tinggi terkena virus Hiv. Biasanya mereka menjangkau lokasi-lokasi para pemakai narkoba yang menggunakan jarum suntik. Tugas mereka adalah mengingatkan para teman-teman beresiko untuk melakukan VCT agar mengetahui apakah dirinya sudah terkena virus. Tugas utama dari PO adalah untuk menyadarkan teman-teman bersiko akan kesehatan mereka. Setelah mereka sadar dan menerima hasil positif PS mengambil alih tugas dari PO dan melanjutkan pengobatan yang akan mereka peroleh.

PS ( peer support)

PS memiliki tugas untuk menangai teman-teman ODHA (orang dengan HIv dan Aids) di rumah sakit. Mereka bertugas untuk membantu teman-teman dalam mengakses pengobatan di rumah sakit. Biasanya mereka bertugas untuk mengurus BPJS (badan penyelengara jaminan social) dan menemani mereka dalam proses mengobatan mereka. Selain itu mereka juga bertugas untuk memberikan informasi mengenai jenis-jenis pengobatan yang harus mereka akses untuk membuat kesehatan mereka tetap stabil sehingga mereka tidak sampai pada tahap Aids dan lebih parahnya lagi adalah tahap terminal. Namun, tugas mereka bukan untuk memanjakan seorang ODHA, tetapi mereka bertugas untuk membuat seorang ODHA bisa mandiri dalam mengakses pengobatan mereka sendiri.

CO ( community organizer)

CO memiliki tugas untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai penanganan rakyat yang mengalami permasalahan kesehatan. CO biasanya bertugas untuk membentuk kader-kader muda yang nantinya bertugas mengontrol sebuah wilayah dalam penyelanggaran program kesehatan. Kader-kader muda nantinya akan dibekali informasi-informasi awal mengenai penanganan bagi teman-teman yang memiliki permasalahan dalam sosial, misalnya orang-orang yang menggunakan narkoba dan teman-teman yang sudah terinfeksi virus HIV. Secara garis besar CO bertugas untuk membentuk sebuah cara pandang baru masyarakat dalam menanggapi permasalahan kesehatan yang ada dalam lingkungan mereka. Mereka membuat diskriminasi menjadi hal yang tidak pantas untuk dilakukan kepada orang-orang yang memiliki permasalahan sosial seperti pemakai narkoba, teman-teman ODAH dan WPS (wanita pekerja seks).

Semua divisi ini akan saling berkolaborasi dalam menanggapi fakta-fakta yang ada dilapangan. Biasanya mereka mengadakan kordinasi lapangan setiap hari jumat untuk membahas mengenai permasalahan-permsalahan yang terjadi dilapangan. Kordinasi ini dipimpin oleh seorang kordinator lapangan, tugas kordinator ini bertugas untuk menampung semua informasi-informasi yang ada untuk diperbincangkan kepada semua karyawan yang ada di kantor. Seorang kordinator harus memiliki pengalaman yang lebih dan sudah melewati setiap tahap dari ketiga divisi-divisi ini. Semua informasi ini nantinya akan ditampung dalam sebuah folder yang nantinya dikirim ke pusat untuk ditimbak lanjuti.

layak1 layak2 Clipboard16 layak3

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>