Navigation Menu
Keluarga Besar Waria Yogyakarta (KEBAYA)

Keluarga Besar Waria Yogyakarta (KEBAYA)

D.I. Yogyakarta

  • Author: Binsar Pakpahan
  • Date Posted: Wednesday, November 11, 2015
  • Category:
  • Address: Jalan Gowongan Lor JT III/148 Yogyakarta 55232

Keluarga Besar Waria Yogyakarta bisa dikatakan sebagai sebuah LSM yang bergerak pada bidang penyuluhan penyakit AIDS. Lembaga yang berdiri pada 18 Desember 2006 ini diprakarsai oleh seorang waria yang bernama Mami Vinolia. Sebenarnya KEBAYA bukan merupakan murni sebuah LSM, KEBAYA hanyalah merupakan rumah singgah bagi para penderita AIDS. Disini para penderita AIDS dapat berkumpul dan saling memberikan support satu sama lain.

Pada awal pendiriannya, KEBAYA sebenarnya hanya berfokus kepada para waria yang terkena AIDS. Namun seiring berjalannya waktu rumah singgah (shelter) KEBAYA pada akhirnya juga menerima mereka yang bukan waria supaya turut bergabung dan dirawat di KEBAYA.

Saat ini KEBAYA sudah menjadi organisasi pemerintah dan memiliki sekitar 400 anggota. Saat ini dari 400 anggota KEBAYA ada sekitar 60 anggota yang sudah terinfeksi virus HIV dan sudah mau untuk mengakui bahwa dirinya adalah seorang  ODHA. Namun sebenarnya diluar 60 orang tersebut masih banyak anggota KEBAYA yang sudah menyandang status sebagai ODHA namun masih belum mau mengakui dan belum mau terbuka kepada orang-orang di sekitarnya.

KEBAYA memiliki Visi untuk menurunkan angka infeksi HIV dan penanganan kasus AIDS di kalangan waria di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sementara Misi KEBAYA adalah untuk meningkatkan taraf hidup waria dengan masyarakat lainnya sebagai Warga Negara Indonesia.

Pada awal pembentukannya KEBAYA memiliki tujuan untuk:
Memberikan informasi, edukasi, dan advokasi kepada kelompok waria tentang HIV dan AIDS.
Memberikan konseling dan dukungan psikososial kepada kelompok waria yang berisiko tertular HIV dan teman-teman waria yang sudah menyandang status sebagai ODHA.
Melakukan pendampingan kepada teman-teman waria di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tujuan yang ditulis di atas sebenarnya adalah tujuan awal pembentukan KEBAYA. Namun seiring berjalaanya waktu KEBAYA akhirnya juga menjadi rumah singgah dan tempat tingga bari teman-teman penyandang status ODHA. Baik yang waria, perempuan, ataupun laki-laki. Keanggotaan KEBAYA terbuka untuk siapa saja yang ingin tergabung didalamnya dan rumah singgah KEBAYA bersedia menerima teman-teman ODHA baru untuk dirawart dan diberikan support baik dalam bentuk medis maupun psikologi di KEBAYA.

Saat ini kegiatan yang dilakukan KEBAYA adalah melakukan peningkatan pengatahuan dan kesadaran Mitra Strategis terhadap Infeksi Menular Seksual (IMS), HIV, dan AIDS. Selain itu KEBAYA juga melakukan pendidikan keterampilan kepada para waria usia lanjut dan KEBAYA juga melakukan kegiatan “Violet Community” yaitu sebuah pertemuan kelompok sebaya agar para penderita HIV dapat saling berinteraksi dan memberikan semangat antar satu sama lain.

Pada saat ini KEBAYA mendapatkan dukungan dana dari sebuah instansi Amerika Serikat yang bernama  Global Fund. Bantuan itu diberikan kepada Nahdhatul Ulama terlebih dahulu dan dana tersebut akan dialirkan ke Spiritia (Organisasi yang berfokus pada HIV/AIDS dalam skala nasional) lalu oleh Spiritia akan disalurkan ke KEBAYA untuk wilayah DIY. Selain itu, dana yang KEBAYA dapatkan juga berasal dari kantong mami Vinolia sendiri selaku pendiri dan pemimpin KEBAYA saat ini. Hingga kini mami Vinolia masih sering dipanggil oleh unversitas-unversitas untuk memberikan pengajaran mengenai HIV/AIDS. Hasil dari mami Vinolia melakukan seminar itulah yang juga digunakan untuk biaya operasional KEBAYA.

Rencana program yang akan KEBAYA lakukan adalah agar bisa bekerjasama dengan badan-badan pemerintah maupun swasta lainnya untuk melakukan program-program pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di Daerah Istimewa Yogyakarta.

kebaya4 kebaya3 kebya2 kebaya1

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>