Navigation Menu
ICRP (Indonesian Conference on Religions and Peace)

ICRP (Indonesian Conference on Religions and Peace)

Jakarta Pusat, DKI Jakarta

  • Author: Binsar Pakpahan
  • Date Posted: Tuesday, November 10, 2015
  • Category:
  • Address: Jalan Cempaka Putih Barat XXI No. 34 Jakarta Pusat 10520

ICRP adalah sebuah organisasi berbadan hukum yayasan yang bersifat non-sektarian, non-profit, non-pemerintah, dan independen. ICRP mempromosikan dan memperluas dialog serta kerjasama lintas iman. ICRP dibangun oleh para tokoh dari berbagai agama dan kepercayaan di Indonesia, ICRP berusaha mempromosikan dialog dalam pengembangan kehidupan beragama yang demokratis, humanis dan pluralis. ICRP diresmikan tanggal 12 Juli 2000, namun jauh sebelum itu, Presiden RI Abdurrahman Wahid, upaya-upaya dialog lintas agama sudah tumbuh dan berkembang di Indonesia. ICRP bersama berbagai lembaga dan individu yang peduli memperjuangkan pluralisme dan perdamaian  lebih mempertegas upaya-upaya tersebut demi menegakkan keadilan dalam berbagai perspektif gender, HAM, kehidupan beragama, ekonomi, sosial, dan politik. ICRP turut aktif mengembangkan studi perdamaian dan resolusi konflik, serta memperjuangkan hak-hak sipil, kebebasan beragama, dan berkeyakinan.

Adapun visi misi ICRP. Visi : masyarakat yang damai dan sejahtera dalam konteks memajemukan agama dan kepercayaan di Indonesia. Salah satu visinya adalah menumbuhkembangkan multikulturalisme dan pluralisme dalam kehidupan masyarakat.

Saat ini staff yang aktif adalah Muhammad Monib sebagai direktur ICRP, Nurhabibie Rifai sebagai program manager, Muayati sebagai bagian keuangan, Lucia Wanehe sebagai sekretaris, Mukhlisin sebagai pimpinan redaksi online ICRP, Erton sebagai konstributor ICRP online dan Ahmad Nurcholis sebagai Ketua Pusat Studi Agama dan Perdamaian. Program yang sedang dijalankan oleh ICRP adalah Sekolah Agama yang bertema: Agama dan Perdamaian dalam perspektif agama-agama. Sekolah Agama ini, dijalankan dalam dua semester. Jadwal pelaksanaan: setiap minggu kedua dan minggu keempat, Jumat pukul 19.00 WIB-21.00 WIb.

Clipboard01 Clipboard02 Clipboard03 Clipboard04 Clipboard05

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>