Navigation Menu
House of Stray

House of Stray

Jakarta Selatan, DKI Jakarta

  • Author: Binsar Pakpahan
  • Date Posted: Thursday, December 31, 2015
  • Category:
  • Address: Jalan Sinabung RT 2 / RW 22 (dekat Jl. Pakubuwono)

Rumah singgah House of Stray (HOS) merupakan sebuah rumah singgah sosial yang fokus pada perlindungan hewan anjing. Rumah singgah HOS didirikan pada tanggal 12 september 2012 dan didirikan oleh seorang wanita yang bernama bu Vidya. Rumah singgah HOS sendiri mempunyai sebuah shelter bagi hewan anjing-anjing yang telah di rescue. Shelter ini berlokasi di Desa curug, kecamatan Gunung Sindur, kabupaten Bogor. Di shelter itu sendiri sudah menampung banyak anjing-anjing hasil Rescue, yang sekarang ini total sudah menampung 70 anjing. Di shelter HOS ditinggali oleh empat orang karyawan atau Kennell boy yang bertugas untuk memberikan makan dan membersihkan kandang anjing setiap harinya.

Program atau kegiatan di rumah singgah HOS sendiri yaitu fokus pada me-rescue anjing-anjing yang telantar di jalanan atau anjing yang dibuang oleh pemiliknya. Rescue anjing ini merupakan kegiatan utama yang dilakukan oleh HOS. Selama berdirinya HOS, sudah banyak anjing yang terselamatkan hasil dari rescue HOS. Kegiatan rescue ini sendiri tidak setiap dilakukan. Rescue dilakukan apabila ada laporan dari masyarakat yang melihat seekor anjing terlantar atau tidak mempunyai pemilik. Laporan terhadap anjing yang terlantar dilakukan lewat fanspage HOS di Facebook. Tidak saja lewat laporan dari masyarakat, rescue dilakukan bisa dari inisiatif HOS untuk mencari anjing-anjing terlantar atau dibuang oleh pemiliknya. Akan tetapi, kegiatan itu tidak dilakukan setiap hari.

Selain kegiatan me-rescue anjing, HOS juga melakukan kegiatan mensterilisasi anjing. Sterilisasi anjing merupakan sebuah upaya untuk menekan populasi anjing yang sudah terlampau banyak. Sterilisasi anjing ini wajib dilakukan oleh HOS setelah melakukan rescue. Sterilsasi ini memprioritaskan terhadap anjing betina, namun tidak menutup kemungkinan terhadap anjing jantan. Manfaat dari sterilisasi anjing adalah mencegah timbulnya penyakit terhadap anjing, seperti penyakit kanker payudara, rahim, prostat dan lain-lain. Selain mensterilasasi anjing, HOS juga aktif melakukan pengobatan terhadap anjing yang mengidap penyakit. Kita tahu bahwa anjing yang di rescue kebanyakan mengidap penyakit. Otomatis HOS mempunyai kewajiban untuk mengobati anjing yang sakit.

Tidak saja melakukan kegiatan-kegiatan seperti rescue dan sterilasasi anjing. HOS mempunyai sebuah program yang bernama Orang Tua Asuh (OTA). OTA merupakan sebuah program yang diperuntukan bagi orang-orang yang ingin menjadi Orang tua asuh bagi anjing-anjing hasil rescue. OTA ini bertujuan untuk membantu HOS dalam memenuhi kebutuhan bagi anjing itu sendiri. Menjadi OTA di HOS cukup mudah, yaitu dengan memberikan Rp350.000/bulan. OTA ini sendiri direspon baik oleh masyarakat yang peduli terhadap anjing-anjing yang terlantar. Sudah semua anjing yang berada di HOS mempunyai OTA.

Program selanjutnya di HOS yaitu adopted. Program adopted ini merupakan sebuah kegiatan yang di peruntukan bagi masyarakat yang ingin mengadopsi atau memiliki anjing-anjing di HOS. Berbeda dengan OTA, Program adopted ini memiliki banyak syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh adopter yang ingin mengadopsi anjing-anjing di HOS. Syarat-syaratnya adalah anjing tidak boleh dijual, anjing tidak boleh dibunuh atau dipotong, Rumah harus aman bagi anjing dan lain-lain. HOS juga melakukan survei ke tempat adopter untuk memastikan aman dari lingkungan.

Kesimpulannya,  program dan kegiatan yang dijalankan di HOS bertujuan huntuk melindungi dan menjaga anjing itu sendiri. Bagi HOS, anjing merupakan hewan yang harus dilindungi dan dijaga habitatnya, karena anjing merupakan sahabat terbaik bagi manusia yang harus dilindungi oleh kita semua sebagai manusia


HOS1 HOS2 HOS3 HOS4 HOS5

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>