Navigation Menu
GPIL Jemaat Wasuponda

GPIL Jemaat Wasuponda

Luwu Timur, Sulawesi Selatan

  • Author: Binsar Pakpahan
  • Date Posted: Tuesday, November 10, 2015
  • Category:
  • Address: Jalan Tanonggi No. 94, Desa Ledu-ledu, Kecamatan Wasuponda, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan 92983

Gereja Protestan Indonesia Luwu (GPIL) merupakan salah satu organisasi gereja yang bergabung menjadi anggota Persatuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI). GPIL Jemaat Wasuponda, klasis Nuha-Towuti,  berdiri sekitar tahun 1970-an setelah sekitar empat tahun melakukan ibadah-ibadah di rumah-rumah penduduk. Dengan jumlah warga jemaat sekitar 80 kk, GPIL Wasuponda merupakan gereja yang tergolong sedang di Wasuponda sebab ada sekitar 15 gereja di Wasuponda ini dari berbagai aliran dan sebagian ada yang lebih besar.

Pada saat ini, pendeta di GPIL Jemaat Wasuponda adalah Pdt. Lukas Paoganan, S.Th. Ia memimpin jemaat ini bersama dengan 16 anggota majelis lainnya yang terdiri dari 13 orang penatua dan 3 orang diaken/syamas. Karena GPIL termasuk organisasi gereja Presbiterial-Sinodal, maka baik pendeta maupun majelisnya diusulkan dan dipilih oleh anggota jemaat.

Berada di wilayah Wasuponda yang sarat pendatang, GPIL Jemaat Wasuponda ini memiliki tantangan tersendiri. Angota jemaat berasal dari beraneka ragam suku seperti suku Padoe, Toraja, Seko, Rongkong, dan suku-suku campuran lainnya dengan asal yang berbeda-beda juga. Suku Padoe sebagai penduduk asli Wasuponda merupakan anggota jemaat terbesar, sementara suku-suku lainnya berasal dari berabagai wilayah bahkan dari Sulawesi Tengah. Dengan keadaan yang demikian keluar masuk anggota jemaat berpotensi lebih besar terjadi.

Pekerjaan dan tingkat pendidikan anggota juga beraneka ragam. Sebagain besar jemaat berpendidikan Sekolah Menengah Atas ke bawah, dan sebagian kecil berpendidikan Diploma dan yang lebih tinggi. Dengan tingkat pendidikan itu, lapangan pekerjaan pun beraneka ragam mulai dari pegawai negeri, karyawan PT. Vale, karyawan kontraktor, kerja bangunan, dan petani. Keberadaan PT Vale (dulu PT INCO) menjadi salah satu penggeliat utama perekonomian Wasuponda, termasuk bagi anggota Jemaat GPIL Wasuponda.

Pelayanan utama jemaat ini secara keseluruhan masih berkaitan dengan kegiatan-kegiatan peribadahan. Jadwal peribadahan sepanjang minggu selalu ada setiap hari, kecuali hari Selasa. Peribadahan, selain ibadah umum, dilakukan berdasarkan kategori-kategori yaitu Persekutuan Kaum Bapak (PKB), Persekutuan Wanita (PW), Persekutuan Pemuda (PP) dan Remaja, Sekolah Minggu. Selain itu juga ada ibadah rumah tangga. Dengan semua kategori itu, aktivitas peribadahan hampir dilakukan setiap hari.

Selain aktivitas peribadahan, GPIL Jemaat Wasuponda juga mengelola sebuah TK yang cukup besar. TK Kalvari GPIL Wasuponda, demikian nama TK itu, memiliki lebih dari 100 siswa yang dibagai menjadi lima kelas di bawah bimbingan lima guru TK dan satu kepala sekolah.

Gedung Gereja GPIL Wasuponda Ibadah Sekolah Minggu GPIL Wasuponda Ibadah Umum GPIL Wasuponda Retret Pemuda GPIL Wasuponda TK Kalvari GPIL Wasuponda

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>