Navigation Menu
GPIB Jemaat “Ebenhaezer” Tanjung Batu

GPIB Jemaat “Ebenhaezer” Tanjung Batu

Pulau Kundur, Kepulauan Riau

  • Author: Binsar Pakpahan
  • Date Posted: Tuesday, November 10, 2015
  • Category:
  • Address: Jalan Usman Harun No. 1 RT 01/RW 01, Tanjung Batu Kota, Kabupaten Karimun, Pulau Kundur, Kepulauan Riau 29162

GPIB Jemaat “EBENHAEZER” Tanjung Batu merupakan salah satu gereja GPIB yang berada di wilayah pelayanan Kepulauan Riau. Gereja ini beralamatkan di Jl. Usman Harun No. 1 RT 01/RW 01 Tanjung Batu Kota, Kabupaten Karimun, Pulau Kundur Kepulauan Riau 29162. Gereja ini terletak di daerah kota Tanjung Batu. Walaupun di sebut sebagai kota, namun jika dibandingkan dengan jakarta maka kota Tanjung Batu ini masih sangat jauh berbeda.

Jemaat yang ada di GPIB Jemaat “EBENHAEZER” Tanjung Batu ini memiliki latar belakang yang berbeda-beda, baik dari segi suku, budaya, dan pekerjaan. Ada jemaat yang berasal dari suku batak, suku asli daerah Tanjung Batu (suku laut), dan suku Tionghoa. Untuk pekerjaannya, ada beberapa jemaat yang bekerja sebagai pegawai negeri sipil (PNS), bekerja di kapal, berdagang, beternak, dan lain-lain.

Jumlah jemaat yang ada di gereja pusat GPIB Jemaat “EBENHAEZER” Tanjung Batu sekitar 60 kepala keluarga (KK). Namun, selain di pusatnya ini, GPIB Jemaat “EBENHAEZER” Tanjung Batu ini memiliki tiga pos pelayanan, yaitu Pos Pelkes Karunia Prayun yang jumlah jemaatnya sekitar 17 KK, Pos Pelkes Tanjung Medan yang jumlah jemaatnya sekitar 8 KK, dan Pos Pelkes Teluk Kelapa, yang jumlah jemaatnya sekitar 14 KK. Dari pusatnya, yaitu GPIB Jemaat “EBENHAEZER” Tanjung Batu, butuh waktu 1 jam perjalanan untuk dapat sampai ke Pos Pelkes Karunia Prayun menggunakan sepeda roda dua atau empat karena masih berada di pulau yang sama. Sedangkan untuk menuju ke Pos Pelkes Teluk Kelapa dan Tanjung Medan yang berada di Pulau Mendol (berbeda pulau), dibutuhkan waktu perjalanan sekitar 30 menit dengan menggunakan speedboat dan dilanjutkan dengan menggunakan sepeda roda dua sekitar 30 menit juga.

Jumlah jemaat yang tidak terlalu banyak ini membuat Ibadah Hari Minggu (IHM) hanya dilaksanakan satu kali saja. Namun, selain IHM, di gereja ini masih ada ibadah-ibadah lain yang dilaksanakan. Salah satunya yaitu ibadah rumah tangga yang dilaksanakan setiap hari Rabu malam. Seperti gereja GPIB pada umumnya, di GPIB Jemaat “EBENHAEZER” Tanjung Batu juga terdapat 6 Pelayanan Kategorial (Pelkat). Keenam pelkat tersebut yaitu Pelayanan Anak (PA), Persekutuan Taruna (PT), Gerakan Pemuda (GP), Persekutuan Kaum Perempuan (PKP), Persekutuan Kaum Bapak (PKB), dan Persekutuan Kaum Lanjut Usia (PKLU).

Walaupun anggota masing-masing pelkat belum begitu aktif mengikuti persekutuan, namun kegiatan peribadahan dari keenam pelkat ini terus dijalankan. Ibadah Pelkat PA dilaksanakan pada hari Minggu pagi, yaitu pukul 07.00 WIB di gedung gereja. Ibadah pelkat PT dan GP dilaksanakan bersamaan, yaitu pada hari Sabtu pukul 19.00 WIB di gedung gereja. Ibadah pelkat PKP dilaksanakan pada hari Kamis, yaitu pukul 15.00 WIB di rumah-rumah jemaat. Ibadah pelkat PKB dilaksanakan dua minggu sekali, yaitu pada hari Minggu kedua dan keempat pada pukul 19.00 WIB di gedung gereja. Sedangkan ibadah pelkat PKLU dilaksanakan satu bulan sekali yaitu pada tanggal 10, pukul 10.00 WIB di gedung gereja. Selain kegiatan peribadahan ini, masih ada kegiatan lain yang dilakukan di gereja ini. Beberapa contoh kegiatan rutin lainnya yang dilaksanakan adalah persiapan pemandu lagu yang dilaksanakan setiap hari Kamis dan persiapan para presbiter untuk pelayanan dalam IHM yang dilaksanakan setiap hari Jumat.

20150621_105440 20150614_105747 20150615_080235

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>