Navigation Menu
GPIB Bukit Karmel

GPIB Bukit Karmel

Singkep, Kepulauan Riau

  • Author: Binsar Pakpahan
  • Date Posted: Monday, January 18, 2016
  • Category:
  • Address: Jalan Pemandian No.1 Kotak Pos 1. Dabo Singkep. Kode Pos: 29871

Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Bukit Karmel berada tepat di Kota Dabo, Pulau Singkep, Kepulauan Riau. Tidak ada data jelas yang menunjukkan kapan gereja (persekutuan) ini terbangun. Ada yang mengatakan pada tahun 1985, ada yang mengatakan lebih dari tahun tersebut. Pendeta yang berdomisili di sini saat ini pun sempat mencari data hingga ke Batam, karena GPIB Bukit Karmel dulunya merupakan bakal gereja dari GPIB di Batam. Dengan demikian, tidak jelas juga sudah berapa tahun gereja (persekutuan) ini berdiri, dan kapan ulang tahun (tanggal dan bulan) GPIB Bukit Karmel. Yang jelas ialah bahwa berdirinya gereja dalam bentuk bangunan disahkan oleh Majelis Sinode GPIB pada 24 Mei, tahun 1992 oleh Pdt. O. E. Ch. Wuwungan, D.Th, dan kelak akan dijadikan sebagai hari ulang tahun dan beridirinya GPIB Bukit Karmel.

GPIB Bukit Karmel memiliki lahan gereja yang cukup luas, yaitu sekitar 3000 m2, dan luas bangunan gereja sekitar 400 m2. Tepat di belakang gereja (masih dalam satu wilayah yang ditembok, sekeliling lahan gereja), terdapat rumah pastori, dengan dua kamar tidur, sebagai rumah bagi pendeta yang bertugas di gereja ini. Pada 10 November tahun 1996 dibangunlah sebuah pastori dan gedung serbaguna yang tepat didirkan bersebelahan dan menempel satu dengan yang lainnya, yang ditahbiskan oleh Pdt. Junus Beeh S.Th. Lalu pada 26 September tahun 2011 Pdt. Daniel Lumentut S.Th, Ketua Musyawarah Pelayanan (Mupel) Kepulauan Riau meresmikan bangunan yakni satu guest house, untuk pendeta tamu atau juga tamu yang berkunjung ke GPIB Bukit Karmel, juga kantor sekretariat gereja tepat di sebelah guest house, meskipun sampai saat ini belum ada pegawai yang bekerja untuk kantor gereja (semua masih ditangani oleh pendeta). Guest house yang dimiliki oleh GPIB Bukit Karmel sudahlah cukup layak, karena di dalamnya sudah tersedia kamar mandi, televisi, dan sebuah kipas angin (ke depannya akan ditambahkan Air Conditioner atau pendingin ruangan)

Terdapat beberapa ibadah yang rutin di lakukan di GPIB Bukit Karmel. Pada hari Selasa pukul 19.00, setiap 2 minggu sekali, dilaksanakan Ibadah Persekutuan Kaum Bapak (PKB); hari Rabu pukul 18.30, diadakan Ibadah Rumah Tangga (IRT); hari Jumat pukul 17.00, diadakan Ibadah Persekutuan Kaum Perempuan (PKP); hari Sabtu pukul 19.00, diadakan Ibadah Gerakan Pemuda (GP); dan pada hari Minggu diadakan Ibadah Minggu pada pukul 10.00. Ibadah Pelayanan Anak (PA) dan Persekutuan Teruna (PT) diadakan hari Minggu pukul 08.00. Biasanya jemaat yang datang dalam Ibadah Minggu sekitar 100 orang

Kegiatan rutin lainnya ialah pada tiap bulan, minggu pertama, diadakan Ibadah Diakonia dan pembagian beras bagi beberapa jemaat. Dalam beberapa waktu sekali pun diadakan ibadah gabungan bersama gereja-gereja BKSG (Badan Kerjasama Gereja-gereja) yang ada di Pulau Singkep ini, dari Gereja Karismatik, hingga Gereja Katolik. terdapat juga komisi-komisi seperti Komisi Musik Gereja dan Komisi Pelayanan dan Kesaksian.

Pada umumnya, jemaat-jemaat GPIB Bukit Karmel bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil di berbagai bidang, yakni guru, kepala sekolah, polisi, hingga kejaksaan. Jemaat lainnya membuka kios dan berwiraswasta. Terdapat 64 KK (Kepala Keluarga) yang terdaftar di GPIB Bukit Karmel.

Saat ini yang menjadi Ketua Majelis Jemaat GPIB Bukit Karmel ialah Pdt. Jepry Yuwanto Daminto, S.Si. Teol yang menjabat dari tahun 2013, dan majelis

Pengurus saat ini: Diaken O. Sitorus, Diaken Pasaribu, Diaken Sihombing, Penatua Laia, Penatua Silaban, dan Penatua Ginting.

karmel1 karmel2 karmel3 karmel4 karmel5

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>