Navigation Menu
GKI Sumut Medan

GKI Sumut Medan

Medan, Sumatera Utara

  • Author: Binsar Pakpahan
  • Date Posted: Monday, January 11, 2016
  • Category:
  • Address: Jalan K.H. Zainul Arifin No.126 Medan 20122

Gedung gereja GKI Sumut Medan berdiri pada tanggal 16 Agustus 1915 oleh pemerintah Belanda dengan nama Gereformeerd de Kerk (ibadah berbahasa Belanda), dan sejak tanggal 11 September 1969 berubah menjadi Gereja Gereformeerd Indonesia Sumatera Utara (ibadah berbahasa Jawa dan Indonesia), dan kemudian pada Sidang Sinode II Gereja Gereformeerd Indonesia, yang diadakan pada tanggal 17-19 April 1974 di Medan,  menetapkan perubahan nama gereja menjadi Gereja Kristen Indonesia Sumatera Utara, disingkat GKI Sumut Medan. GKI Sumut Medan resmi menjadi anggota Dewan Gereja-gereja Indonesia (DGI) pada tanggal 10 Juli 1976. Gereja ini kemudian mendapat pengakuan pemerintah berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Bimas Kristen Depag RI No.146 tahun 1988 tertanggal 2 Juli 1988.

Letak GKI Sumut Medan yang berada di pusat kota Medan dan berdiri persis di depan Mall Sun Plaza menjadi faktor pendukung bagi perkembangan gereja. Hal ini tentunya dapat menarik perhatian bagi orang-orang yang ingin beribadah, misalnya para pengunjung mall Sun Plaza, semula hanya menyempatkan diri beribadah atau sebagai partisipan, namun karena pelayanan dan keramahan yang ditunjukkan GKI Sumut Medan membuat mereka tertarik menjadi anggota gereja yang tetap.

Adapun anggota jemaat GKI Sumut Medan mempunyai latar belakang suku beragam, yaitu: Batak Toba, Simalungun, Karo, Nias, Minang, Jawa, Ambon, Toraja, dan Tionghoa. Kini jumlah anggota jemaat tetap sebanyak 343 KK ditambah beberapa partisipan (data akhir tahun 2014). Pada hakekatnya, wilayah pelayanan GKI Sumut Medan mencakup wilayah kota Medan, Belawan, dan Tanjung Morawa. Dengan tersebarnya tempat tinggal anggota jemaat ini, maka GKI Sumut Medan menetapkan ada lima wilayah pelayanan, yaitu: wilayah 1: Medan Barat, Johar, Selayang, dan Tuntungan; wilayah 2: Medan Sunggal dan Helvetia; wilayah 3: Medan Timur, Medan Deli, Percut Sei Tuan dan Tembung; wilayah 4: Amplas, Juanda, dan Tanjung Morawa; dan wilayah 5: Deli Tua, Namorambe, Simalingkar, dan Pancur Batu.

Di samping itu, GKI Sumut Medan memiliki 4 bakal jemaat, yaitu: (1) Bajem Kwala Mencirim, yang terletak di Jl.Namo Ukur, Kec. Sei Bingei, Kab. Langkat, dengan jumlah anggota jemaat 40 KK; (b) Bajem Mandiangin, yang terletak di Dusun V Desa Ajibaho, Kec. Sibirubiru, Kab. Deli Serdang, dengan jumlah anggota jemaat 36 KK; (c) Bajem Namocancan, yang terletak di Dusun IV Desa Ajibaho, Kec. Sibirubiru, Kab. Deli Serdang, dengan jumlah anggota jemaat 21 KK; dan (d) Bajem Denai, yang terletak di Jl. Jermal III, Kec. Medan Denai, dengan jumlah anggota jemaat 30 KK. Adapun jumlah anggota majelis GKI Sumut Medan, adalah: 3 orang pendeta: Pdt.Nuran Ady Suyatno, S.Th., Pdt. Eka Helena Siregar, S.Th., dan Pdt. Luther Novryaman Lase, M.Th., 1 orang guru Injil: Pnt.GI. Onoda Duha, 1 orang orientasi pendeta: Cln. Pdt. Esterlina, S.Th., dan 44 Penatua dan Diaken. Jumlah seluruh Majelis Jemaat adalah 49 orang, yang diketuai oleh Pnt. Anung Gunawan.

Pelayanan GKI Sumut Medan mencakup tiga bidang: (a) Koinonia: seksi kebaktian, yang melaksanakan 4 kali ibadah minggu umum, yaitu pukul 06.00 WIB, 08.00 WIB, 10.30 WIB, dan 17.00 WIB; ibadah Sekolah Minggu pukul 08.00 WIB di gedung Graha lantai 1 dan 2; ibadah Remaja pukul 08.00 WIB di gedung Graha lantai 3. PA wilayah dilaksanakan setiap hari Jumat, dan kebaktian kategorial (komisi Anak, Remaja, Pemuda, Wanita, dan Pria), serta kebaktian khusus lainnya; (b) Marturia: komisi musik gerejawi mengiringi nyanyian jemaat di dalam setiap kebaktian; dan (c) Diakonia: komisi Pendidikan, Kedukaan, Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial dan Ekonomi (Dikkesra). Di samping itu, ada kepanitiaan tertentu.

Tahun 2015 merupakan tahun sejarah bagi GKI Sumut Medan yang akan melangsungkan Syukuran Jubileum 100 tahun, ibadah puncak dilaksanakan pada tanggal 15-16 Agustus 2015.

 

Acara Colour Run Pemuda GKI Sumut Medan Bersama Komisi Pemuda dan Remaja GKI Sumut Medan acara Retreat di Samosir Bersama Pdt.Nuran Ady dan Pemuda bajem Kwala Mencirim Monitoring kak Linna Gunawan Kunjungan Komisi Anak GKI Sumut Medan ke Yapentra Khotbah di bajem Kwala Mencirim Mengantar Peduli Kasih GKI Sumut Medan untuk Pengungsi Sinabung Pemuda GKI Sumut Medan dalam ibadah Ekspresif

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>