Navigation Menu
Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) Silo Naikoten 1

Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) Silo Naikoten 1

  • Author: Binsar Pakpahan
  • Date Posted: Thursday, December 31, 2015
  • Category:
  • Address: Jalan Anggur No.12 Naikoten 1, Kupang, Nusa Tenggara Timur

Gereja Silo Naikoten 1 Kupang terletak di pusat kota Kupang. Gereja tersebut berada di tengah-tengah komplek sekolah SMA Kristen. Keberadaan gereja Silo sendiri pada lokasi yang bermayoritas Kristen. Gereja ini memiliki 2 orang pendeta, yakni Ibu Pdt. Magdalena Adam-Manu, S.Th  yang adalah ketua majelis jemaat Silo dan bpk Pdt. Folkes Pellondo’u, S.Th (Emr) sebagai wakil ketua serta, 1 orang pendeta pelayan umum, yaitu Ibu Pdt. Herlissa Wattimury, Ssi.Teol. Dalam kebaktian umum Minggu ada 3 kali peribadahan yang dilakukan. Kebaktian I dari 06-07.30 WITA; Kebaktian II dari 08.00-09.30; Kebaktian III dari 17.00-18.30 Jemaat dari gereja Silo berasal dari daerah sekitar NTT dan juga luar NTT, yaitu Sabu, Timor, Rote, Alor, Sumba, dan daerah sekita NTT lainnya, serta Manado, Ambon.

Namun, kebanyakan jemaat yang lebih dominan di gereja Silo sendiri adalah jemaat yang berasal dari Rote. Meskipun terdiri dari banyak suku dan bahasa yang berbeda-beda, akan tetapi jemaat Gereja Silo tersebut memiliki hubungan kekeluargaan, kepedulian terhadap sesama jemaat sangat baik. Selain itu, gereja Silo mempunyai semangat berpelayanan yang sangat baik. Hal ini terlihat dari setiap keaktifan program yang bergerak pada bidangnya masing-masing. Masing-masing program tersebut adalah Majelis Jemaat Harian, terdiri dari bidang dan programnya, yakni Bidang Koinonia yang didalamnya terdapat Program Peningkatan Disiplin Majelis Harian jemaat serta Jemaat, Penguatan Persekutuan Wilayah, Peningkatan Kapisitas Organisasi Gereja.

Ada juga Unit Pembantu Pelayanan (UPP) Ibadah dan Kesaksian, Bidang Koinonia terdapat program Pembinaan dan Peningkatan Pemahaman Alkitab, Peningkatan Peranan Penatua dan Diaken. Bidang Marturia terdapat program perayaan Hari-hari Gerejawi, Perayaan Hari Ulangtahun Lembaga, Pembinaan Katekisasi. Bidang Liturgia terdapat program Pengembangan dan Peningkatan Kualitas Ibadah; UPP Penelitian dan Pengembangan, bidang Koinonia terdapat program Membangun dan Mengembangkan Dialog dengan Jemaat, Dalam bidang Oikonomia terdapat program Peningkatan Kapisitas Manajemen Organisasi Gereja, dan Penyusunan Data Base Jemaat yang Aktual dan Akurat; UPP Diakonia ada bidang Marturia yang memiliki  program perayaan Hari-hari Raya Gerejawi, Bidang Liturgia ada Program Pengembangan dan Peningkatan Kualitas Ibadah, Bidang Diakonia terdapat Program Peningkatan Diakonia Pendidikan dan Kesehatan, Pemberdayaan Jemaat dan Masyarakat, Kegiatan Sosial dan Bantuan Bencana (yang pada tanggal 27 Juli 2015) memberikan bantuan berupa beras , pakaian layak pakai untuk bencana kelaparan yang terjadi di Amanuban Selatan, So’e. UPP Anak dan Remaja terdapat program Pembinaan dan Peningkatan Pemahaman Alkitab, Klasis/Sinodal/Undangan di bidang Koinonia dan program ada bidang Marturia, Liturgia, Diakonia, dan Oikonomia. UPP Pemuda terdapat program Pembinaan dan Peningkatan Pemahaman Alkitab, Pengembangan Pola Pekabar Injil (yang beberapa waktu lalu melakukan pelayanan ibadah tersebut di gereja pedalaman di Leloboko, So’e dan gereja Panria, Warsalelang- Pantar Timur, Alor. Juga UPP Perempuan dan UPP Kaum Bapak pada bidang programnya masing-masing. Jemaat dari gereja Silo Naikoten 1 Sendiri terdari ± 1000 jemaat yang hadir di setiap ibadah Minggu. Gereja Silo juga memiliki 1 pos pelayanan, yaitu Pos Hubibi Efrata yang terletak di daerah Naikolan, Kupang- NTT.

Maya R. Beri 02 Maya R. Beri 03 Maya R. Beri 05 Maya R. Beri Maya R. Beri 04

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>