Navigation Menu
Gereja Kristen Jawa (GKJ) Sidomulyo Sragen

Gereja Kristen Jawa (GKJ) Sidomulyo Sragen

Sragen, Jawa Tengah

  • Author: Binsar Pakpahan
  • Date Posted: Tuesday, January 19, 2016
  • Category:
  • Address: Jalan Kapten Tendean No. 2 Kelurahan Sragen Wetan, Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah
  1. LETAK GEOGRAFIS

GKJ Sidomulyo terletak di Jl. Kapt.Tendean No. 2 Kel. Sragen Wetan, Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen. Dengan wilayah pelayanannya meliputi empat (4) kecamatan, yaitu Kecamatan Sragen untuk wilayah GKJ Sidomulyo Induk, Kecamatan Ngrampal untuk wilayah pelayanan Pep. Bibis dan Pep. Sogo, Kecamatan Gesi untuk wilayah pelayanan Pep. Gesi, dan Kecamatan Tangen untuk wilayah pelayanan Pep. Tangen.

 

  1. SEJARAH SINGKAT

Pada awalnya warga Kristen di Sidomulyo dan sekitarnya beribadah ke Gereja di Kuwungsari yang jaraknya cukup jauh. Beberapa tahun kemudian Bp. Suhardi berkenan meminjamkan rumahnya untuk dipergunakan sebagai tempat ibadah. Kemudian dibentuklah pengurus blok dengan tujuan membantu majelis dalam melaksanakan tugasnya dan Sidomulyo merupakan blok X dari GKJ Sragen.

Pada tanggal 15 Januari 1979, majelis menetapkan blok X menjadi Pepanthan Sidomulyo. Dengan segala upaya dalam hal pengumpulan dana maupun penyertifikatan tanah pada tahun 1984 Pepanthan Sidomulyo dapat mendirikan bangunan rumah ibadah dan ibadah mulai dilaksanakan di Gereja.

Sejak tahun 1987 majelis GKJ Sragen memberi wewenang kepada Pepanthan Sidomulyo bersama-sama Gesi dan Tangen mengadakan rapat majelis sendiri yang disebut Rapat Majelis Sidomulyo cs, kemudian berubah menjadi Rapat Majelis GKJ Sragen wilayah Timur.

Dan pada bulan Maret 1992 majelis GKJ Sragen memutuskan mendewasakan GKJ Sragen Wilayah Timur yang kemudian disepakati dengan nama GKJ Sidomulyo. Tepatnya tanggal 26 Juni 1992 ditetapkan sebagai Hari Pendewasaaan GKJ Sidomulyo.

Adapun wilayah pelayanannya meliputi Pep. Gesi, Pep. Tangen, Pep. Bibis dan Pep. Sogo yang masing-masing telah memiliki rumah ibadah yang memadai kecuali Pep. Sogo yang masih menumpang di rumah salah satu warga jemaat.

Untuk memenuhi panggilan sebagai Gereja yang dewasa penuh dengan struktur kemajelisan yang lengkap, maka Majelis menetapkan panitia pembangunan pastori dan panitia pemanggilan pendeta. Sehingga sewaktu-waktu memanggil pendeta telah siap rumah pendeta (Pastori) dengan segala kelengkapan perabot rumah tangga. Dan panitia pembangunan Pastori telah berhasil mewujudkan Gedung Pastori dan fasilitas rumah tangga yang layak pakai.

Sedangkan Panitia Pemanggilan Pendeta telah melaksanakan dua (2) kali pemanggilan pendeta. Yang pertama atas diri Pdt. Drs. Nugroho Adi, M.Th yang nampaknya Tuhan belum menghendaki pemanggilan tersebut. Selanjutnya Panitia mengadakan pemanggilan yang kedua atas diri Pdt. Drs. Ely Subagyo dengan proses pemanggilan berlangsung lancar dan kali ini Tuhan telah menghendaki GKJ Sidomulyo memiliki seorang Gembala Jemaat yang diteguhkan pada tanggal 13 Desember 1997.

Dengan kelengkapan tenaga Pelayan di aras Kemajelisan, GKJ Sidomulyo mengembangkan pelayanannya baik kedalam maupun keluar. Pengembangan pelayanan kedalam adalah penatan pada ppenguatan pengorganisasian guna melakukan peningkatan dan pengembangan pelayanan yang tapis dan mampu menjawab tantangan jaman. Strategi pelayanan kategorial, pewilayahan dan profesi ditempuh oleh GKJ Sidomulyo. Dan hal tersebut semakin memperkuat GKJ Sidomulyo dalam kiprah pelayanannya diaras klasis dan Sinode sebagai wujud kebersamaan yang lebih luas. Telah beberapa kali menjadi penyelenggara sidang Klasis yang semakin inovatif dan modern, bahkan GKJ Sidomulyo telah mampu menjadi ajang even terbesar dilingkup GKJ, yaitu sebagai Gereja Pelaksana Sidang Sinode GKJ ke 25, tepatnya pada tanggal 11 – 13 September 2012 yang lalu. Sejarah besar terukir dalam kehidupan jemaat GKJ Sidomulyo.

Semuanya itu belum membuat segenap GKJ Sidomulyo puas, masih ada kerinduan besar untuk dapat menjadi berkat bagi masyarakat Sragen Asri dalam bidang : pendidikan, perdamaian dan kesejahteraan bersama. Ditengah pergulatan masyarakat dengan merebaknya rasa individualisme dan tindak kekerasan, pada Ulang Tahun ke-23 ini mengangkat tema : GUMREGAH NYAWIJI LELADOS GUSTI. Merupakan spirit kehidupan segenap warga jemaat GKJ Sidomulyo sebagai Gereja Tuhan untuk ikut mengukir karya Tuhan dalam kehidupan bersama.

 

  1. KEADAAN SAAT INI

Rencana Operasional GKJ Sidomulyo pada tahun 2015 disusun oleh Majelis Gereja bersama Pengurus Komisi dengan mengacu pada Renstra GKJ Sidomulyo Tahun 2012-2017. Dengan Visi, Misi, Strategi dan Rencana Operasional sebagai berikut :

  1. VISI 2012 – 2017 :

Menjadi Gereja Kristen Jawa yang mengasihi Allah, Sesama dan Lingkungan alam semesta dengan menjadi murid, saksi dan hamba Allah yang mengutamakan keakraban, keterbukaan, kepedulian untuk memberitakan Kristus adalah Tuhan dan Juru Selamat.

  1. MISI :

Persekutuan (koinonia)

  1. Mewujudkan kebaktian Minggu yang hidup dan berkenan dihadapan Allah, dengan pemberitaan Firman Allah dalam suasana yang dinamis dan membaharui, serta kontektual dalam kehidupan warga gereja dan masyarakat yang sesuai dengan ajaran GKJ.
  2. Meningkatkan Spiritualitas warga gereja dengan mendalami Firman Tuhan, kehidupan doa dan persekutuan.
  3. Mewujudkan hubungan yang akrab, rendah hati, saling membangun, dinamis dan dalam semangat kekeluargaan antar warga gereja dan simpatisan, tanpa membedakan jenis kelamin, usia, etnis, ekonomi, latar belakang budaya dan status pernikahan.

Pelayanan (Diakonia)

  1. Meningkatkan pelayanan kasih gereja, membangun dialog dan kerjasama dengan pihak lain dalam rangka mewujudkan pelayanan melalui pendidikan, kesehatan dan pelayanan kemanusian
  2. Meningkatkan kepedulian terhadap kaum marginal terutama warga gereja dalam rangka membangun kemandirian.

Kesaksian (Marturia)

  1. Meningkatkan pekabaran injil dan membangun kerjasama dengan Gereja tetangga atau lembaga pekabaran Injil yang lain.
  2. Mendorong anggota Jemaat untuk menerapkan nilai nilai kristiani dalam melaksanakan tugas, pekerjaan, dan pelayanannya serta dalam hidup bermasyarakat.

Penunjang

Meningkatkan sistem menajemen dan sumber daya (Man, Money, Material) untuk mendukung pelayanan dengan memperhatikan prinsip efisiensi dan efektifitas.

IMG_4048 IMG_4167 IMG_4283 IMG_4288 IMG_4290 IMG_4538

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>