Navigation Menu
GBKP Ujung Serdang

GBKP Ujung Serdang

Medan, Sumatera Utara

  • Author: Binsar Pakpahan
  • Date Posted: Tuesday, November 10, 2015
  • Category:
  • Address: Jalan Desa Ujung Serdang, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang (dahulu perkebunan PTP IX Tembakau Deli Tanjung Morawa), Medan, Sumatera Utara

Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) Ujung Serdang ini lahir dari pemekaran GBKP Bangun Mulia. Sebelum GBKP Ujung Serdang berdiri, beberapa keluarga orang Kristen Karo, yang tinggal di desa Ujung Serdang telah menjadi jemaat di GBKP Bangun Mulia. Pada tanggal 10 Desember 1969, Saudara Rembak Barus, Jadi Ginting, dan Jabab Barus, membahas rencana pendirian gereja GBKP di Ujung Serdang. Mereka sepakat untuk membentuk Tim Formatur Pembangunan Gereja GBKP Ujung Serdang yang diketuai oleh Jadi Ginting. Kemudian, pada tanggal 15 Desember 1969, Tim Formatur Pembangunan Gereja GBKP Ujung Serdang menyampaikan rencana mereka kepada BP GBKP Bangun Mulia. Rencana itu pun segera disetujui oleh BP GBKP Bangun Mulia dan pada hari itu juga dibentuklah Panitia Pembangunan GBKP Ujung Serdang.

Panitia Pembangunan GBKP Ujung Serdang yang telah terbentuk itu segera bekerja untuk mengurus pengadaan tanah pertapakan GBKP Ujung Serdang. Pada tanggal 6 Januari 1970, Panitia Pembangunan mengajukan surat permohonan kepada perkebunan PTP IX Tembakau Deli Tanjung Morawa. Permohonan itu pun disetujui oleh pihak perkebunan dan mereka menyerahkan tanah ukuran 40m x 50m (Luas: 2000 m2).

Pada tanggal 12 Juli 1970, setelah selesai kebaktian di GBKP Bangun Mulia, jemaat mengadakan gotong royong untuk membersihkan tanah pertapakan gereja, yang dihadiri oleh 58 orang. Sebagai dana pembangunan, jemaat pada waktu itu dikenakan tanggungan 10 kaleng padi tiap keluarga dan 5 kaleng padi bila keluarganya tidak lengkap. Dari pengumpulan itu diperoleh uang sebesar Rp. 112.150,-. Pada tanggal 28 Juli 1970 dimulailah pembangunan gedung gereja ukuran 7m x 14m, Ruang Persikapen (Persiapan) ukuran 2m x 2m, dinding batu, rangka atap dari bambu, dan lantai tanah. Pembangunan ini dikerjakan oleh jemaat secara gotong royong. Pada waktu itu, bangku-bangku untuk sementara dibuat dari bambu.

Setelah pembangunan gedung gereja selesai, pada tanggal 6 Agustus 1970 diadakanlah kebaktian pertama di Ujung Serdang. Kebaktian itu dilaksanakan di dalam gereja yang baru selesai dibangun. Pemimpin kebaktian kali pertama itu adalah Pdt. M. Perangin-angin dari GBKP Bangun Mulia. Pada saat itu, jumlah anggota jemaat sudah ada 50 kepala keluarga.

Daerah pelayanan GBKP Ujung Serdang meliputi Desa Ujung Serdang, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang. Jemaatnya terdiri dari suku Karo, Jawa, Batak Toba, dan Simalungun. Mata pencaharian jemaat pada umumnya bertani dan beternak.

Pada tanggal 12 Juni 1988 dilaksanakan lelang-lelang untuk mengumpulkan dana pembangunan GBKP Ujung Serdang. Hasil dari lelang-lelang ini diperoleh uang sebesar Rp. 3.600.000,-. Dengan dana yang ada, bangunan gereja GBKP Ujung Serdang dijadikan permanen.

Pemilihan Pertua-Diaken (Penatua-Diaken) pertama kali diadakan pada tahun 1974. Pemilihan Pertua-Diaken ini dilakukan untuk mengadakan pelayan Tuhan yang akan melayani jemaat GBKP Ujung Serdang. Pertua yang terpilih pada waktu itu adalah Pt. Kolam Sitepu; Pt. Rintang Tarigan; Pt. Nunggu Sipayung; dan Pt. Bapak Panampat Barus. Lalu, Diaken yang terpilih, yakni Dk. Rembak Barus, Dk. Bapak Berto Tarigan, dan Dk. Aman Depari.

Pada tahun 1974 berbagai pelayanan kategorial mulai dibentuk. Dibentuklah lembaga Mamre (persekutuan kaum bapak GBKP). Lembaga Moria (persekutuan kaum ibu GBKP) pun dibentuk. Kemudian, lembaga Permata (persekutuan kaum muda-mudi GBKP) juga dibentuk. Masih pada tahun yang sama, telah mulai diadakan Kebaktian Anak/Kebaktian Remaja (KA/KR).

Pada saat Sidang Sinode GBKP tanggal 5-11 Nopember 1984, yang diadakan di Cibubur, Jakarta, Perkumpulan di Ujung Serdang disahkan menjadi Runggun (Majelis) Gereja Ujung Serdang.

Intan R _ GBKP Ujung Serdang (situasi ibadah umum) Intan R _ GBKP Ujung Serdang Intan R _ GBKP Ujung Serdang (kelas anak kecil) Intan R _ GBKP Ujung Serdang (Masuk Rumah Baru) Intan R _ GBKP Ujung Serdang (pergantian kepengurusan Lansia)

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>