Navigation Menu
GBKP Runggun Dolat Rayat

GBKP Runggun Dolat Rayat

Karo, Sumatera Utara

  • Author: Binsar Pakpahan
  • Date Posted: Monday, January 11, 2016
  • Category:
  • Address: Jalan Kebun Bunga (Belakang Kantor Camat Dolat Rayat), Kecamatan Dolat Rayat, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Runggun/Majelis Jemaat GBKP Dolat Rayat yang dulunya merupakan anggota dari Klasis Berastagi, kini sudah menjadi bagian dari Klasis Barus-Sibayak yang baru saja dimekarkan tepat ketika saya melakukan Collegium Pastorale I di tempat ini. GBKP Dolat Rayat terletak di Kecamatan Dolat Rayat Berastagi, Kab Karo Sumatera Utara. Kebanyakan penduduk yang tinggal di daerah Dolat Rayat ini merupakan pendatang, baik itu Batak Toba, Jawa, namun kebanyakan pendatang yang saya maksudkan di sini ialah pendatang dari Desa luar Dolat Rayat. GBKP Dolat Rayat juga merupakan salah satu saluran tangan Tuhan kepada umatnya di daerah Berastagi.

Kebanyakan anggota jemaat GBKP Dolat Rayat bekerja sebagai petani ladang, misalnya ; petani jeruk, tomat, kubis, cabai, dan lain-lain. Jemaat GBKP Dolat Rayat juga menerima dampak negatif dari erupsi Gunung Sinabung yang saat ini bisa dikatakan menjadi trending topik masyarakat Karo pada umumnya, karena tanaman-tanaman mereka menjadi terganggu proses panennya akibat erupsi Gunung Sinabung. GBKP Dolat Rayat juga aktif dalam melayani dalam bidang kategorial seperti MORIA (kaum ibu), MAMRE (kaum bapa), PERMATA (Pemuda/i), KA-KR (Anak-anak dan Remaja). Saya tidak tahu pasti kapan tepatnya gereja GBKP Dolat Rayat berdiri untuk menjadi saluran tangan Tuhan kepada umatnya di tempat ini, namun yang pasti GBKP Dolat Rayat sudah ada sejak lama. Jemaat GBKP Dolat Rayat 90% adalah suku Karo, 10% lagi merupakan pendatang. Ada 13 jumlah Pertua(Penatua)/Diaken. Ketua Majelis : Pt. Rahabeam Bangun, Sekretaris : Pt. Terangmin br Ginting, Bendahara : Pt. dr. Rehmenda br Sembiring.

Gereja GBKP Dolat Rayat mulai berdiri pada tahun 1980. Sejak tahun tersebut, Gereja GBKP Dolat Rayat menjadi saluran tangan Tuhan untuk menjamah setiap jemaatNya yang tinggal di sekitar daerah Desa Dolat Rayat. Kurang lebih ada 124 KK, jumlah jiwa ialah 424 orang yang menjadi anggota resmi jemaat GBKP Dolat Rayat. Jumlah anggota MORIA 114 orang, MAMRE 98 orang, PERMATA 75 orang, KA-KR 144 orang. yang menjadi anggota resmi Runggun GBKP Dolat Rayat. Khusus untuk pemuda-pemudi GBKP Dolat Rayat, banyak yang sudah tidak tinggal di Dolat Rayat, melainkan sudah pergi untuk merantau ke tempat-tempat lain. Sidang Majelis Jemaat di Runggun GBKP Dolat Rayat diadakan tiap minggu ke-2 setiap bulannya.

Penatua/Diaken ikut serta dan aktif dalam melakukan pelayanan tiap anggota jemaat GBKP Dolat Rayat. Setiap 3 bulan sekali diakan siding Koordinasi yang beranggotakan Penatu/Diaken dan pengurus Kategorial dan guru Sekolah Minggu. Mereka mengadakan siding Koordinasi tersebut untuk membenahi pelayanan yang sudah dilakukan untuk jemaat GBKP Dolat Rayat dalam rangka melakukan peningkatan dalam tiap-tiap bidang pelayanan yang ada di Runggun GBKP Dolat Rayat. Banyak pengalaman berharga yang saya dapatkan ketika melakukan Collegium Pastorale I di Runggun GBKP Dolat Rayat. Secara umum jemaat Runggun GBKP Dolat Rayat sangat menerima kehadiran mahasiswa CP di tempat mereka. GBKP Dolat Rayat juga sebelumnya sudah menerima beberapa mahasiswa yang diutus oleh kampus (bukan hanya STT Jakarta) untuk melakukan Collegium Pastorale I dan II di gereja mereka. Jemaat GBKP Dolat Rayat sangat ramah memperlakukan tiap mahasiswa yang melakukan Collegium CP I di tempat mereka. Namun kegiatan-kegiatan gereja yang ada di Runggun GBKP Dolat Rayat kurang memiliki perhatian khusus dalam bidalam pelayanan “musik gereja.” Sehingga di gereja ini sangat kekurangan pemusik pengiring ibadah di setiap hari minggu. Yang selalu menjadi pemusik utama di gereja GBKP Dolat Rayat ialah Ketua Majelis Jemaat itu sendiri.

 

dolat4 dolat5 dolat3 dolat2 dolat1 dolat7 dolat6

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>