Navigation Menu
GBKP Pasar IV Selayang II Medan

GBKP Pasar IV Selayang II Medan

  • Author: Binsar Pakpahan
  • Date Posted: Monday, January 18, 2016
  • Category:
  • Address: Jalan Bunga Wijaya, Gang Gereja GBKP, No.1 Padang Bulan, Medan

Gereja Batak Karo Protestan atau GBKP Pasar IV sudah berdiri 32 tahun, dan akan merayakan hut ke 33 pada tanggal 23 Agustus 2015. Gereja ini memiliki 1 pendeta yang tidak lama lagi akan pindah menjadi pejabat klasis, karena beliau terpilih menjadi ketua klasis. GBKP Pasar IV terdiri dari 7 Sektor yaitu, sektor selasa 1, sektor Mazmur, sektor selasa 2A, sektor selasa 2B, sektor Philadelpia, sektor Filipi, dan sektor Elshadai. Masing-masing sektor memiliki kurang lebih 40 kepala keluarga. Masing-masing sektor juga memiliki pertua dan diaken yang juga menjadi wakil umat ketika ingin menyampaikan pendapatnya. Setiap minggunya akan diadakan ibadah rumah tangga per sektor atau biasa disebut perpulungen jabu-jabu (pjj).

GBKP Pasar IV merupakan gereja yang bertumbuh, baik dari segi diakonia, marturia, dan koinonia. Gereja tersebut memiliki hanya satu kali jadwal ibadah umum yaitu pada hari minggu, pukul 7.30 sampai selesai. Ibadah umum di GBKP Pasar IV Selayang II ini cukup kreatif dalam segi musik gereja. Tim ibadah GBKP Pasar IV mulai menggunakan drum, gitar, bass, dan alat musik karo seperti kulcapi dan keteng-keteng. Lagu-lagu yang digunakan tidak saja berbahasa karo, tetapi ada juga yang berbahasa Indonesia.

Kebaktian Anak dan Kebaktian Remaja (KAKR) dilaksanakan setelah ibadah umum selesai, atau lebih tepatnya dimulai pada pukul 10 pagi. Ibadah KAKR ini dibagi menjadi 4 kelas yaitu, anak balita, anak kecil, anak tanggung, dan anak remaja. Kakak guru yang tersedia juga cukup banyak. Minggu sore, sekitar pukul 14.30 biasanya dilangsungkan PA Permata (Pemuda). biasanya PA Permata ini dilakukan di gereja atau di rumah-rumah pemuda, sesuai siapa yang menjadi tuan rumah pada minggu itu. Biasanya PA ini dibimbing oleh pertua atau diaken. PA lansia dilakukan setelah pulang ibadah umum, kira-kira pukul 11 pagi. Dalam sebulan biasanya ada PA gabungan Moria (Kaum Ibu), dan PA gabungan Mamre (Kaum Bapak).

Kegiatan yang cukup mendukung di GBKP Pasar IV Selayang II ini adalah adanya klinik gratis untuk jemaat yang dibuka setiap minggu. Pemeriksaan kesehatan dilakukan bergantian, missal minggu pertama akan ada pemeriksaan asam urat, minggu ke dua kolesterol, dan lain-lainnya. Ketersediaan dokter di gereja ini dapat dikatakan mencukupi untuk berlangsungnya klinik kesehatan tersebut. Setiap hari kamis, pukul 19.30 akan diadakan sermon pertua dan diaken. Pada sermon ini biasanya akan dibahas bahan PJJ minggu depan, dan membahas kegiatan gereja selama sepekan.

gbkp3 gbkp4 gbkp5 gbkp6 gbkp7 gbkp8 gbkp9 gbkp10 gbkp1 gbkp2

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>