Navigation Menu
Gaylam (Gaya Lentera Muda Lampung)

Gaylam (Gaya Lentera Muda Lampung)

Bandar Lampung, Lampung

  • Author: Binsar Pakpahan
  • Date Posted: Monday, January 11, 2016
  • Category:
  • Address: Jalan Way Besai No.1 Pahoman, Bandar Lampung, Lampung

Gaya Lentera Muda Lampung atau yang biasa disingkat Gaylam adaah organisasi GWL (Gay, Waria, LSL) yang didirikan pada tahun 2008. Tujuan dibentuknya Gaylam sendiri dalah untuk memberdayakan para gay dan juga waria agar bisa memiliki kemampuan yang juga berkompeten sama seperti orang-orang hetero pada umumnya. Organisasi yang bersifat kerelawanan ini diketuai oleh Rendie Arga yang biasa dipanggil teteh Rendie. Gaylam sendiri memiliki organisasi yang terdiri dari ketua, wakil ketua, bendahara, manager program&evaluasi, dan serta masih ada bagian-bagian lainnya yang nantinya bisa dilihat sendiri pada struktur organisasi. Pengurus dan anggota Gaylam sendiri sampai saat ini sudah cukup banyak, namun sayangnya masih ada beberapa orang yang seenaknya datang dan pergi dari organisasi Gaylam ini. Dibawah naungan Gaylam juga ada dua organisasi LBT yang bernama Gendhis, khusus untuk para kaum lesbian, biseksual, dan juga trandgender. Selain itu ada juga organisasi GWL khusus untuk remaja yang diperuntukkan bagi mereka para gay,waria, dan LSL yang masih berumur 15-24 tahun.

Gaylam sendiri juga memiliki rumah kesekretariatan dan rumah kreatif Gaylam yang mereka miliki sejak tahun 2012. Sebelum-sebelumnya banyak yang bercerita bahwa Gaylam dulu sebelum memiliki rumah kesekretariatan hanya bisa mengumpul di salah satu rumah pengurus ataupun anggota Gaylam. Namun sekarang ini pertemuan ataupun rapat bisa digunakan di tempat kesekretariatan. Rumah kreatif Gaylam juga ada di dalam tempat kesekretariatan ini, rumah kreatif gaylam adalah salah satu divisi yang sedang dijalankan oleh Gaylam dengan tujuan menjadikan para GWL lebih berkreatif dan berdaya. Tak heran Gaylam sudah pernah dan selalu mengikuti kegiatan festival Krakatau yang biasanya diadakan pada akhir Agustus. Dengan adanya rumah kreatif Gaylam para GWL disediakan pengetahuan lebih untuk dapat membuat kostum karnaval yang biasanya mereka gunakan untuk festival Krakatau. Selain adanya pembuatan kostum, rumah kreatif Gaylam juga memberdayakan anak-anak remaja sebagai dancer yang kini sering mengikuti lomba-lomba dancer di bebagai tempat.

Sampai saat ini Gaylam sendiri sudah mengikuti banyak sekali program-program baik itu diadakan oleh Gaylam sendiri ataupun diadakan oleh mitra kerja Gaylam yang bekerja sama dengan Gaylam. Pertemuan-pertemuan ataupun pelatihan-pelatihan diikuti oleh organisasi Gaylam dengan baik sampai sekarang ini. Bahkan tak jarang juga adanya pengurus atau anggota Gaylam yang mengikuti pelatihan di luar Lampung seperti Jakarta atau Bogor untuk mengikuti pelatihan yang diadakan oleh lembaga lainnya. Selain itu program-program yang dimiliki oleh Gaylam tidak sepenuhnya selalu dilakukan setiap harinya. Contohnya adanya jadwal menonton film LGBT bersama, biasanya diadakan setiap hari Jumat sebelum diadakannya sholat berjamaah di sekret Gaylam. Selain itu adanya pertemuan ataupun pelatihan juga biasanya dilakukan bila memang Gaylam diundang untuk hadir pada acara tersebut.

Akhir-akhir ini yang dikerjakan oleh para anggota Gaylam adalah mengerjakan kostum festival yang akan mereka ikuti dalam acara Festival Krakatau yang akan diadakan pada tanggal 30 Agustus mendatang. Mulai dari merancang atau mendesain sampai dengan membuat kostum adalah salah satu kegiatan yang dilakukan baik oleh pengurus ataupun anggota Gaylam. Selain kegiatan tersebut, adapun yang dilakukan oleh komunitas Gaylam saat-saat ini adalah mengrimkan nggota atau pengurusnya mengikuti berbagai macam pelatihan yang diadakan oleh organisasi GWL lainnya baik di Bandar Lampung sendiri ataupun di luar Bandar Lampung. Bahkan kadang-kadang Gaylam mengikuti pelatihan yang diadakan oleh para organisasi yang ada di Jakarta seperti Arus Pelangi, dll.

 

gaylam1 gaylam5 gaylam4 gaylam3 gaylam2

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>