Navigation Menu
Fahmina Institute

Fahmina Institute

Cirebon, Jawa Barat

  • Author: Binsar Pakpahan
  • Date Posted: Wednesday, January 13, 2016
  • Category:
  • Address: Jalan Swasembada No. 15 Kel. Majasem Kec. Karyamulya, Cirebon

Fahmina sudah ada sejak tahun 1990-an tetapi kegiatan yang dilakukan masih dalam bentuk diskusi. Diskusi yang dilakukan adalah membahas tentang isu-isu pembelaan terhadap orang-orang marjinal seperti isu-isu kerakyatan, kewarganegaraan dan sampai pembelaan tingkat pewacanaan publik. Namun, secara resmi didirikan pada tanggal 10 November 2000 oleh Marzuki Wahid, Affandi Mochtar, Faqihuddin Abdul Kodir dan Husein Muhammad. Pada awalnya, Fahmina didirikan karena pergumulan anak-anak muda dalam hal intelektual yang berakar dari dunia pesantren. Hal ini juga disebabkan karena daerah Cirebon mempunyai banyak sekali pesantren. Kata Fahmina mempunyai arti nalar atau perspektif dan paham Indonesia tentang teks keagamaan dan realitas sosial atau pemahaman tentang keindonesiaan. Oleh sebab itu, visi Fahmina adalah visi yang menjadi cita sosial perjuangan yayasan adalah terwujudnya peradaban manusia yang bermartabat dan berkeadilan berbasis kesadaran kritis tradisi pesantren.

Fahmina bersikap pluralis dan pluralisme meskipun berada di Kota Cirebon yang terkenal dengan Kota Wali Songo(Islam). Fahmina mempunyai tanggung jawab untuk menkaji sosial keagamaan dan melakukan pendampingan terhadap masyarakat marjinal. Fahmina pun mempunyai 4 divisi setelah didirikan secara resmi yaitu:

  1. Islam dan demokrasi

Divisi ini bergerak dalam bidang sosial keagamaan. Kegiatan untuk Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan pun dilaksanakan oleh divisi ini. Kegiatan yang dilakukan lebih kepada untuk menciptakan kedamaian dalam masyarakat. Oleh sebab itu, Fahmina pun membentuk Pelita(Pemuda Lintas Iman). Pelita ini mengadakan kegiatan yang dilakukan tidak hanya untuk masyarakat yang beragama Islam tetapi semua agama dan kepercayaan ada didalamnya. Selain itu juga, Pelita mengadakan bakti sosial terhadap masyarakat yang terkena banjir di wilayah Cirebon dan bekerjasama dengan GKI Pengampon.

Fahmina dan Pelita pun akhirnya mendirikan program yang bernama SETAMAN(Sekolah Cinta Perdamaian). Program ini dilakukan untuk memberi danĀ  menumbuhkan rasa damai di dalam diri masyarakat. Kegiatan yang dilakukan adalah pelatihan tentang cinta damai diantara masyarakat. Out put-nya adalah supaya masyarakat memahami perbedaaan diantara satu dengan yang lainnya. Program ini pun dilakukan tidak hanya untuk agama muslim tetapi semua agama mengikutinya. Pesertanya pun dari berbagai usia, karena cinta damai itu tidak hanya ditanamkan pada orang dewasa saja tetapi juga pada anak-anak remaja supaya tidak terjadi tawuran dan sebagainya.

  1. Islam dan gender

Divisi ini merujuk kepada kesetaraan gender dengan melihat bahwa laki-laki dan perempuan adalah sama sehingga tercipta keadilan. Divisi ini juga terlibat dalam hal pendampingan trafiking, KDRT dan lainnya yang berkaitan dengan kesetaraan gender. Hak setiap orang perlu diperhatikan oleh orang lain. Oleh sebab itu, Fahmina pun berusaha supaya orang yang merasa tertindas pun mendapatkan perhatian. Terutama perempuan yang terlibat dalam trafiking.

  1. Islam dan penguatan otonomi komunitas

Divisi ini bertujuan untuk menguatkan para komunitas Fahmina. Kegiatan yang dilakukan adalah pelatihan jurnalisme yang bertujuan untuk kedamaian. Fahmina pun mempunyai komunitas yang bernama Gusdurian. Komunitas ini mencoba belajar mengenai pemikiran-pemikiran Gusdur dalam membangun masyarakat.

  1. Pusat data, informasi dan media

Divisi ini tidak hanya mengkaji tentang informasi agama dan data-data yang dikelola Fahmina. Namun, kegiatan yang dilakukan pun berkaitan dengan perempuan. Kesehatan Reproduksi menjadi topik diskusi. Kesehatan Reproduksi pun belum disadari secara betul oleh santri sehingga Fahmina pun memberikan wawasan mengenai hal tersebut. Kegiatan yang dilakukan adalah seminar dan pelatihan Kesehatan Reproduksi terhadap para santri di pesantren-pesantren daerah Cirebon.

fahmina5 fahmina6 fahmina1 fahmina2 fahmina3 fahmina4

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>