Navigation Menu
Covenant Sanctuary Church

Covenant Sanctuary Church

Sabah, Malaysia

  • Author: Binsar Pakpahan
  • Date Posted: Monday, January 18, 2016
  • Category:
  • Address: Labuk Lama, Batu 9 , Sandakan, Sabah, Malaysia.

Covenant Sanctuary Church adalah salah satu gereja lokal yang terdapat di Sandakan, Sabah-Malaysia. gereja ini didirkan oleh seorang pengusaha yang terkenal di Sabah, yaitu Mr. Vela Tan. Beliau mendirikan gereja ini pertama kali di daerah Talisai-Sabah. Mr. Vela merupakan seorang pengusaha di bidang kelapa sawit. Banyak para pekerjanya yang tidak dapat beribadah dan hal ini membuat Mr. Vela berpikiran bahwa sebagai seorang manusia para pekerja itu tidak bisa hanya untuk mencari kebutuhan jasmani saja berupa uang, tetapi juga harus ada usaha-usaha menumbuhkan spiritualitas mereka, melalui ibadah. Akhirnya dibangunlah gereja kecil di tengah-tengah perkebunan kelapa sawit tersebut. Tujuan awal dari pembangunan gereja ini adalah agar para pekerja Mr. Vela yang beragama Kristen dapat beribadah dan tidak mengalami kekeringan spiritualitas.

Gereja Covenant Sanctuary Church ini sudah berdiri kurang lebih 20 tahun lamanya. Terdapat dua kelompok jemaat yang beribadah di gereja ini. Kelompok Bahasa Melayu dan juga Bahasa Inggris. Kelompok Bahasa Melayu mayoritas terdiri dari orang-orang asing seperti orang Toraja, Filipina, dan juga ada orang lokal yang termasuk di dalamnya. Sedangkan jemaat berbahasa Inggris, mayoritas terdiri dari orang-orang China dan India.

Kedua kelompok jemaat ini juga masing-masing memiliki gembala atau pendetanya. Untuk kelompok Bahasa Melayu, memiliki pendeta perempuan dan laki-laki. Yaitu Pastor Berlan dan Pastor Erna Ginting. Kedua pendeta ini awalnya adalah misionaris dari Indonesia yang dipanggil langsung oleh Mr. Vela Tan untuk melayani jemaat di Covenant Sanctuary Church bagi kelompok Bahasa Melayu. mereka sudah mulai melayani sejak tahun 2000. Berarti sudah 15 tahun lamanya mereka mendedikasikan diri mereka untuk pelayanan di Covenant Sanctuary Church. Sedangkan kelompok berbahasa Inggris biasanya yang melayani adalah Mr. Vela sendiri atau juga adik-adiknya.

Gereja Covenant Sanctuary ini memiliki enam pos pelayanan atau bagian jemaat dari gereja induk yang terdapat di Batu 9, Sandakan-Sabah. Yaitu di daerah Sugut, Lahad Datu, Talisai, Gum-gum, Sapi, Tanjung Selor (Kalimantan Utara), dan juga Filipina. Masing-masing gereja memiliki gembalanya sendiri.

csc3 csc4 csc5 csc1 csc2

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>