Navigation Menu
BNKP Jemaat Lahewa

BNKP Jemaat Lahewa

Nias Utara, Sumatera Utara

  • Author: Binsar Pakpahan
  • Date Posted: Monday, January 11, 2016
  • Category:
  • Address: Jalan Gereja No. 17, Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara 22853

BNKP jemaat Lahewa, terletak di dekat Pasar Lahewa, sekitar 200 M dari pasar Lahewa atau kira-kira 75 KM ke sebelah Utara Gunungsitoli. Mayoritas masyarakat yang tinggal di daerah pasar Lahewa adalah Islam sehingga jemaat BNKP Lahewa ada yang tinggal di lingkungan Islam.

BNKP jemaat Lahewa merupakan satu dari 16 jemaat yang ada di BNKP resort 35. Secara keseluruhan BNKP resort 35 memiliki jumlah jemaat lebih dari 10.000 jemaat jiwa dan sekitar 6.400 jiwa ada di jemaat Lahewa. Artinya, jemaat lahewa merupakan jemaat paling besar di BNKP resort 35. Mayoritas Jemaat adalah Ono Niha (Orang Nias) dan beberapa juga adalah Orang Batak. Orang Batak adalah pendatang di gereja ini. Mayoritas jemaat di BNKP jemaat Lahewa berprofesi sebagai petani, namun ada juga jemaat yang berprofesi sebagai guru dan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tempat tinggal jemaat ada yang didekat gedung gereja, namun mayoritas jauh dari gedung gereja. Tempat tinggal jemaat, paling jauh dari gedung gereja sekitar 7 KM. Jadi bisa dikatakan, cakupan wiyalah BNKP jemaat Lahewa adalah sekitar 49KM2.

BNKP jemaat Lahewa dipimpin oleh pendeta majelis, Pdt. Ameni Ndraha, S.Th. dan dua orang pendeta fungsional, Pdt. Sudila Harefa, S.Th. dan Pdt. Yamani Waruwu, S.Th. Ketiga pendeta tersebut adalah perempuan. Di gereja ini, pendeta bekerja sama denganĀ  Badan Pekerja Majelis Jemaat Lahewa (BPMJ) yang seluruhnya, berjumlah 6 orang, adalah laki-laki. BPMJ menjadi pekerja atau pelaksana dari keputusan majelis yang berjumlah sekitar 150 orang di jemaat ini.

Gedung gereja BNKP Jemaat Lahewa cukup baik dan besar. Di dekat gedung gereja BNKP jemaat Lahewa terdapat sekolah (TK, SD, SMP) milik sinode BNKP yang dalam kepengurusannya melibatkan jemaat BNKP Lahewa. Guru-guru di sekolah serta kepala yayasan sekolah-sekolah BNKP tersebut adalah jemaat BNKP Lahewa. Tiap Minggu jemaat BNKP Lahewa juga memberikan satu kantong persembahan untuk membantu sekolah yang ada itu.

Di BNKP jemaat Lahewa ada tiga jadwal kebaktian, yaitu kebaktian pagi menggunakan bahasa Indonesia (masuk jam 08.00), kebaktian siang menggunakan bahasa daerah, Li-Niha/bahasa Nias (masuk jam 10.30), dan kebaktian remaja (masuk jam 14.00). Jemaat di lembaga ini mayoritas menggunakan Li-Niha dalam kehidupan sehari-hari. Adat Nias masih kuat dalam kehidupan jemaat sehingga gereja harus berinteraksi dengan tokoh-tokoh adat Ono Niha.

Layaknya gereja atau sinode lainnya, BNKP jemaat Lahewa juga memiliki kategorial atau komisi dalam jemaat, komisi lingkungan, pemuda, perempuan, bapak dan lainnya.

lahewa4 lahewa3 lahewa2 lahewa1 lahewa5

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>