Navigation Menu
Binawarga

Binawarga

  • Author: Binsar Pakpahan
  • Date Posted: Monday, January 18, 2016
  • Category:
  • Address: Jalan Kyai Haji Noer Alie, Ruko Taman Bougenville Estate, No. A-38, Jatibening, Jawa Barat 17412, Indonesia

Binawarga adalah lembaga/badan pelayanan GKIsw Jabar yang berkonsentrasi melayani pelatihan dan pembinaan bagi warga gereja. Visinya sudah jelas, yakni memfasilitasi terjadinya transformasi warga gereja dan masyarakat melalui pembinaan, pelatihan dan pengembangan spiritualitas. Melakukan pembinaan dan pelatihan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran dalam proses transformasi kehidupan spiritual sudah menjadi panggilan bagi Binawarga. Sesuai dengan pesan Alkitab yang dicatat di Efesus 4:12-15, Pembinaan yang diberi Binawarga bagi gereja merupakan upaya dorongan bagi warga gereja untuk mencerminkan kehidupan Kristen dalam hidup sehari-hari.

Pembinaan dan pelatihan yang diberi Binawarga dilakukan dalam bentuk ceramah dan aktivitas seperti retreat. Dalam retreat Binawarga, umumnya selalu diisi oleh kegiatan yang disebut dengan indoor activity dan outdoor activity. Indoor activity diisi dengan ceramah/khotbah, sedangkan outdoor activity diisi dengan aktivitas bermain seperti outbound. Permainan-permainan dalam outbound yang diberikan Binawarga bukan tanpa nilai. Tetapi permainan tersebut nantinya akan direfleksikan dengan nilai-nilai hidup sehari-hari. Selain itu, Binawarga juga rutin membuat bahan pembinaan untuk warga gereja, sekolah, perguruan tinggi, dan perusahaan yang dikembangkan oleh Pak Himawan (mentor saya).

Di samping bidang pembinaan dan pelatihan, Binawarga juga memiliki satu bidang lagi, yakni bidang penerbitan. Visi Binawarga dalam bidang penerbitan adalah menerbitkan bacaan Kristiani yang berkualitas dan mendorong pembaca untuk bertumbuh dalam iman. Melalui penerbitan buku, Binawarga berupaya untuk menyediakan bahan-bahan pembinaan dan bacaan-bacaan kristiani yang sesuai dengan jenjang usia warga gereja mulai dari anak, praremaja, remaja, pemuda, dewasa, dan lansia. Binawarga juga menerbitkan bahan yang dapat memperlengkapi para pelayan gerejawi dalam melakukan tugas pelayanannya. Buku-buku terbitan Binawarga yang umumnya sudah dikenal banyak orang adalah Suluh Sekolah Minggu yang biasa dipakai oleh GSM untuk mengajar SM di Gereja Kristen Indonesia.

Sebagai informasi tambahan, Binawarga juga memiliki wisma yang menampung sekitar 125 orang di km 77 Cipayung, tempat pelatihan-pelatihan diadakan. Binawarga menyebut dirinya partner in growing, sebab Binawarga siap melayani siapa saja yang merindukan pertumbuhan dan membutuhkan pelatihan, buku-buku yang memperlengkapinya. Itu berarti Binawarga terbuka bagi berbagai kalangan dan denominasi yang ada. Binawarga ada untuk melayani dan menjadi berkat bagi banyak orang.

bw5 bw1 bw2 bw3 bw4

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>