Navigation Menu
Bank Sampah “My Darling” (Masyarakat Sadar Lingkungan)

Bank Sampah “My Darling” (Masyarakat Sadar Lingkungan)

Jakarta Selatan, DKI Jakarta

  • Author: Binsar Pakpahan
  • Date Posted: Thursday, December 31, 2015
  • Category:
  • Address: Jl. Sultan Agung No. 20, RT. 001, RW 01 Kel. Guntur, Kec. Setiabudi, Jakarta Selatan

Bank Sampah My Darling (BSMD) adalah program pemerintah sebagaimana tertulis dalam UU no. 18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah, UU no. 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, peraturan pemerintah no. 81 tahun 2012 tentang pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah, peraturan daerah no. 10 tahun 2006 tentang organisasi perangkat daerah dan interuksi Walikota Jakarta Selatan no. 127 tahun 2012 tentang pelaksanaan pengelolaan bank sampah dan rumah kompos di wilayah kota administrasi Jakarta Selatan.

BSMD sendiri dibentuk oleh masyarakat. Yeni Mulyani adalah Direktur BSMD yang menjadikan garasi rumahnya menjadi tempat BSMD. Sejak tahun 2000, ia sudah mendaur ulang sampah dan membuka bank sampahnya pada tahun 2012. Pada saat itu, BSMD adalah satu-satunya bank sampah yang diresmikan oleh Walikota Jakarta Selatan. Bu Yeni yang dulunya aktif di PKK mengajak teman-temannya untuk dapat berkarya sambil menghasilkan uang melalui produk-produk hasil daur ulang. Sayangnya, sekitar tiga bulan setelah peresmian, ia justru ditinggalkan oleh teman-temannya.

BSMD melakukan jam operasional pada hari rabu dan sabtu dari jam 10.00-13.00. sampai saat ini, nasabah yang tercatat di BSMD hanya sekitar 30 nasabah. Padahal tidak banyak orang yang diperlukan untuk mengoperasikan bank sampah. Bank sampah hanya memerlukan seorang direktur, biro keuangan, customer service, teller, divisi pencatatan dan divisi pengepakan, tapi sekarang Bu Yeni mengoperasikan bank sampahnya hanya seorang diri.

Sekitar setahun setelah BSMD diresmikan, BSMD langsung digandeng dan menjadi CSR (Corporate Social Responsibility) dari PT. PLN. PT. PLN juga mempercayakan Bu Yeni untuk membina dan memberikan rekomendasi terhadap bank sampah yang layak bekerja sama dengan perusahaan milik negara tersebut. Bu Yeni justru jarang mengikuti kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah. Ia merasa pemerintah tidak peduli dengan bank sampah yang telah dibentuknya, sehingga sudah dua kali ia mengembok pagar bank sampah saat perlombaan Adiwiyata. Pemerintah mungkin melihat tindakannya sebagai pemberontakan atau pembangkangan, padahal ia hanya ingin pemerintah memperhatikannya lebih lagi.

Facebook adalah media tempat Bu Yeni mencurahkan isi hatinya. Media sosial ini juga menjadi sarana yang mempertemukan Bu Yeni dengan banyak orang yang kreatif dan perduli dengan lingkungan. Sarana yang mempertemukan Bu Yeni dengan banyak orang ini juga membuatnya sering kali melakukan pelatihan dan pembinaan di berbagai tempat.

Gaya yang asyik dan pembawaannya yang menyenangkan membuat Bu Yeni banyak didatangi oleh kaum muda. Bukan hanya orang muda, stasiun televisi, koran dan berbagai media pemberitaan juga banyak menyorot dirinya. Motto Bu Yeni dalam menangani sampah adalah menjadikan sampah sebagai gaya hidup. Hal inilah yang membuatnya menarik perhatian. Ia biasanya mengenakan barang-barang bertema daur ulang, mulai dari anting, kalung, gelang dan juga tas. Ia juga tidak malu ketika memulung di jalanan atau di pasar. Menjadi pusat perhatian justru menjadi tujuannya, agar banyak orang yang melihat bahwa sampah bisa menjadi barang yang indah dan bernilai.

Tidak hanya itu saja, ibu yang memiliki satu orang anak ini juga tidak memasang tarif bagi pelayanannya di dunia sosial. ia juga tidak takut bila ada yang meniru hasil karyanya atau takut disaingi oleh orang lain. Ia justru berharap semakin banyak orang yang dapat mendaur ulang sampah menjadi barang yang indah dan bernilai.

1514970_858140874270851_3500005757869184126_n

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>