Navigation Menu
Badan Narkotika Nasional (Balai Besar Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional)

Badan Narkotika Nasional (Balai Besar Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional)

Bogor, Jawa Barat

  • Author: Binsar Pakpahan
  • Date Posted: Tuesday, January 19, 2016
  • Category:
  • Address: Jalan Mayjen HR Edi Sukma KM 21, Desa Wates Jaya, Kecamatan Lido, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Balai Besar Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional Indonesia atau yang biasa disingkat Babesrehab BNN, merupakan suatu lembaga yang terletak di Jl. Mayjen HR Edi Sukma kilometer 21, Desa Wates Jaya, kecamatan Lido, kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lembaga ini memiliki luas 11 hektar. Adapun organisasi BNN ini dipimpin oleh seorang Kepala Balai Besar kemudian ada juga para staf dibawahnya. Lembaga ini menjadi tempat rehabilitas untuk pemulihan para korban pengguna narkoba. Lembaga ini memiliki kapasitas hingga 500 orang yang direhabilitas. Jumlah para pengguna narkoba yang sedang direhabilitas saat ini kurang lebih ada 370 orang, mereka berasal dari latar belakang yang berbeda, termasuk agama.

Para pengguna narkoba yang sedang direhabilitasi di tempat ini disebut resident. Di BNN, terdapat beberapa rumah sebagai tempat rehabilitasi para resident. Rumah-rumah tersebut yaitu Detoks, Entry Unit, House of Faith, House of Hope, HoC (House of Change), Re-entry, serta Female. Di setiap rumah rehabilitas, ada susunan pengurusnya yakni deputy, mayor, serta konselor. Bagi resident yang baru pertama kali masuk, tempat mereka adalah di Detoks. Umumnya para resident yang ditempatkan di rumah detoks rentan mengalami sakau. Para resident masih susah untuk menjalankan peraturan-peraturan yang ada, sehingga mereka hanya berada di dalam rumah tersebut dan belum diijinkan untuk keluar apalagi berinteraksi dengan orang lain.

Di rumah detoks terdapat satpam-satpam yang menjaga para resident di rumah ini. Para resident berada di rumah ini kurang lebih selama 2 minggu, sebelum pindah ke rumah Entry Unit. Setelah keluar dari Detoks, resident akan dipindahkan ke rumah Entry Unit. Ketika berada dirumah ini, mereka mulai belajar untuk memahami peraturan-peraturan yang akan mereka jalani selanjutnya pada masa rehabilitasi mereka. Di rumah ini, para resident diawasi oleh mayor, mereka juga tidak lagi dikurung di dalam rumah saja. Mereka sudah bisa keluar dari rumah, namun hanya sebatas di depan rumah. Sama seperti di Detoks, para resident akan berada di Entry Unit selama 2 minggu sebelum mereka pindah ke beberapa rumah lagi yang sudah memiliki program-program.

Selanjutnya ada House of Faith, yaitu rumah rehabilitas bagi pengguna narkoba laki-laki. Usia para resident di rumah ini yakni di bawah 35 tahun. Di rumah ini, para resident sudah mulai menjalankan program-program yang ada agar melatih tingkah laku mereka. Para resident akan berada di rumah ini selama 4 bulan. Para resident di rumah ini adalah mereka yang baru pertama kali direhabilitas, sedangkan di House of Hope merupakan rumah untuk para pengguna narkoba yang sudah pernah menjalani rehabilitas. Di House of Hope, para resident adalah laki-laki yang berumur diatas 30 tahun. Mereka akan menjalankan program yang ada, yang bermanfaat untuk mengubah pola pikir mereka supaya tidak lagi terikat pada narkoba. Para resident akan menjalankan program-program di rumah ini selama 4 bulan.

Selanjutnya ada House of Change, yaitu rumah untuk para pegawai negeri sipil serta pejabat Negara. Program yang dijalankan di HoC sama dengan di rumah Hope, perbedaannya adalah HoC dikhususkan bagi pegawai negeri sipil. Para resident menjalankan program di rumah ini juga selama 4 bulan. Setelah menjalani semua program yang ada, para resident akan dipindahkan ke rumah selanjutnya yaitu Re-entry. Re-entry adalah rumah terakhir untuk semua program rehabilitas yang sudah dijalani para resident. Mereka akan diamati dan dipersiapkan untuk dapat kembali ke tengah masyarakat. Meskipun mereka sudah siap dipulangkan, namun mereka akan terus berada dalam pantauan konselor. Para resident akan menjalankan program di rumah ini selama 1 bulan.

Selain rumah-rumah yang sudah dijelaskan, ada juga rumah yang dikhususkan untuk para pengguna narkoba perempuan, yaitu rumah  female. Rumah female dibagi menjadi 4 yakni Detoks, Entry Unit, Green, dan Re-Entry. Total dari semua program yang dijalani para pecandu adalah 6 bulan. Konsep yang mendasari semua program yang dijalani di Babesrehab BNN ini disebut dengan konsep Therapeutic Community (TC). TC adalah sekelompok orang yang mempunyai masalah yang sama, mereka berkumpul untuk saling membantu dalam mengatasi masalah yang mereka hadapi. Istilah yang sering digunakan adalah man helping man to help himself, yaitu seseorang menolong orang lain untuk menolong dirinya sendiri.

bnn1bnn2

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>